Perantau Guguak Tiga Nagari Gelar Silaturrahmi di TMII Jakarta

0
866

JAKARTA, JN- Para perantau Minang asal Tiga Nagari yang ada di Jakarta, menggelar acara silaturrahmi di Anjungan Ranah Minang Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jakarta Timur, Minggu (12/1).

Menurut Ketua Umum “Guguek Marantau” Jakarta Bogor Tanggerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek), Yan Masni, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin Silaturrahmi antara masyarakat perantau asal Tiga anak nagari yang ada di Jabodetabek, yakni Perantau asal nagari Koto Gadang Guguak, Koto Gaek Guguak dan Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

“Tujuan utama pertemuan ini selain untuk saling bersilaturrahmi adalah juga dalam rangka membicarakan nasib anak cucu asal tiga nagari kedepannya, agar mereka bisa saling kenal dan begitu juga dengan mencarikan solusi adanya lapangan kerja bagi anak-anak kita yang sudah tamat pendidikan ” senut Yan Masni.

Sementara Guguek marantau ini betdiri sejak tahun 2019 yang sebelumnya bernama Ikatan Guguek Saiyo (IGS) yang diperkirakan jumlah warga Guguak Tiga Nagari yang berada di Jakarta sekitar 1000 orang.

Sementara yang hadir di Anjungan Ranah Minang di TMII Jakarta hanya sekitar 200 orang saja.

Disebutkan Yan Masni, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu saudara-saudara yang ada di perantauan dan di kampung halaman. Scara tersebut juga diisi dengan hiburan kesenian khas Minang dan Konsumsi berupa makanan khas kampung 3 nagari yang dikoordinir oleh Fitritalisna.

“Insyaallah kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap 2 kali dalam setahun,” sebut Yan Masni.

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana Yanter Bahri melaporkan bahwa acara silaturrahmi Guguak Tiga Nagari ini sangat bermanfaat untuk masyarakat perantau asal Guguak karena bisa melepaskan rasa kangen dan rindu disela-sela kedibukan masing di negeri orang.

“Yang pasti tujuan kita adalah untuk bersilaturrahmi. Sementara Tema silaturrahmi untuk menyamakan persepsi keluarga besar Guguek Marantau,” sebut Yanter Bahri.

Selain itu yang tidak kalah penting dari tujuan acara tersebut adalah untuk memperkuat tali silaturrahmi orang Guguak 3 Nagari yang ada di perantauan.
Rangkaian kegiatan juga diisi berupa diskusi atau “baiyo iyo” sambil makan basamo untuk menyamakan persepsi keluarga Guguak Marantau (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here