Perangkat Nagari se Kecamatan Lembah Gumanti Diberi Pelatihan

0
87

SOLOK, JN- Guna meningkatkan kapasitas dan SDM aparatur pemerintah nagari dan kelembagaan masyarakat seperti BPN dan BMN, maka Pemerintah Kecamatan Lembah Gumanti, menggelar pelatihan dan bimbingan teknis bagi Wali Nagari dan LPM selama 3 hari, bertempat di sebuah hotel ternama di kota Padang.

Acara dibuka Jum’at (12/7) dan ditutup Minggu siang (14/7) oleh Wakil Bupati Solok, dengan diikuti sebanyak 73 orang peserta yang terdiri dari Walinagari dan perangkat sebanyak 35 orang dan BPN/ BMN sebantak 38 orang.

Sementara narasumbet berasal dari KPP Pratama Solok, DPMN Kabupaten Solok, Inspektorat Kabupaten Solok, dan juga Wakil Bupati Solok.

Wakil Bupati Solok, saat menutup acara tersebut Minggu suang menyampaikan, bahwa diharapkan pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi perangkat nagari dan BPN serta BMN untuk bekerja sesuai tufoksi masing-masing.

“Dengan diberikannya kewenangan kepada nagari dalam pelaksanaan dana desa atau Nagari, maka akan menjadi tugas berat bagi pemerintahan nagari untuk pengelolaan tersebut agar tidak berbenturan dengan penegak hukum,” sebut Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin.

Pihaknya meminta agar seluruh lembaga yang ada di nagari, untuk saling bahu membahu, bersinergi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta jangan saling menjatuhkan yang berdampak kepada kerugian untuk masyarakat.

“Semoga apa yang sudah disampaikan oleh narasumber, bisa menjadi pegangan dan pedoman dalam mengimplementasikannya kepada masyarakat,” sebut H. Yulfadri Nurdin.

Selain itu, penggunaan dana desa, harus berorientasi pada pembukaan lapangan pekerjaan, terutama untuk masyarakat miskin. Sehingga dana desa dapat menyerap tenaga kerja lebih maksimal, yang dikenal dengan istilah program padat karya (cash of work) dan swakelola. Artinya, 30 persen dari pembangunan dana desa harus dipergunakan untuk upah pekerja harian atau pekanan sesuai besaran yang ditetapkan.

Wabup juga berpesan, agar dana nagari digunakan untuk pembangunan hal-hal yang produktif yang bisa langsung bermanfaat untuk masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya (wandy)

Pelatihan perangkat nagari Se Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupateb Solok, bertempat di sebuah hotel ternama di kita Padang

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda