Pengurus Forikan Kabupaten Solok Dikukuhkan

0
574

Pengurus Forikan Kabupaten Solok Tahun 2017, usai dilantik menggelar fhoto bersama, bertempat di Guest House Arosuka, Senin (20/2)

 

 

Forikan Kabupaten Solok Dikukuhkan

SOLOK,JN- Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Solok tahun 2017 di lantik oleh Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, Senin (20/2), bertempat di Guest House. Tamapak hadir dalam pelantikan tersebut Ketua umum Forikan Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, SH
Kepala Dinas Peternakan dan Pangan, drh. Kenedy Hamzah, Sekretaris Harian Forikan Provinsi Sumbar, Fariyetni dan serta seluruh anggota Forikan Kabupaten Solok serta undangan yang hadir.
Ketua panitia pelaksana, Zulfayanti, S.Pi dalam laporannya menyampaikan bahwa
acara pengukuhan pengurus Forikan Kabupaten Solok dilaksanakan bertujuan untuk mengukuhkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Solok yang sudah ditunjuk pada tahun 2017. Menurut Ketua Umum Forikan Kabupaten  Solok yang baru dilantik, Ny. Desnadevi Gusmal, SH, Forikan di Kabupaten Solok sudah terbentuk kepengurusannya, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai ke Nagari. Diharapkan ini bisa menjadi nilai tambah penghasilan bagi daerah dan juga penghasilan bagi keluarga. “Kita ingin sumber daya manusia masyarakat di daerah kita semakin berkualitas, generasi cerdas dan sehat tentu merupakan dambaan setiap keluarga. Kita harapkan konsumsi ikan masyarakat kita bisa meningkat dari tahun ke tahun,” jelas Ny. Desnadevi Gusmal.
Dijelaskannya, Kampanye makan ikan merupakan salah satu upaya mendukung pembudidayaan ikan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Kami ingin rencana kampanye makan ikan kedepan terus menerus ditingkatkan dalam bentuk Gerakan Gemar Makan Ikan  atau yang disebut GEMARIKAN,” tutur , Ny. Desnadevi Gusmal.
Sambutan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa pengurus Forikan yang baru dilantik diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan di tengah-tengah masyarakat. “Forikan di Kabupaten Solok sudah berdiri sejak 4 tahun dengan tujuan organisasi ini dapat menyatu padukan gerak dan langkah semua unsur pemangku kepentingan guna mendorong peningkatan konsumsi ikan
Disamping itu organisasi Forikan di Kabupaten Solok juga telah di bentuk sampai ke tingkat kecamatan agar dapat difungsikan dengan baik,” ajak Bupati Solok, H. Gusmal.
Dijelaskan H. Gusmal, keberadaan Forikan di Kabupaten Solok sudah menunjukan keberhasilan dengan adanya peningkatan konsumsi pada tahun 2011 sebesar 22,4
Kg/Kapita/Tahun.Sementara tahun 2016 mencapai 32 Kg/Kapita/Tahun. “Forikan diharapkan  terus berusaha agar gemar mengkomsumsi ikan mendapat dukungan dari
berbagai pihak, untuk itu saya sangat apresiasi terhadap organisasi Forikan ini, dimasa mendatang saya berharap dapat mendukung program 4 Pilar Pembangunan di Kabupaten Solok  termasuk program Subuh Berjamaah dan Maghrib Al Qur’an,” pinta H. Gusmal.

Sekretaris Forikan Sumbar Fariyetni, dalam sambutannya menjelaskan, pembentukan FORIKAN di tingkat Kab/Kota tujuan utamanya adalah untuk menyatu padukan gerak dan langkah, menggali dan meningkatkan peran serta unsur terkait baik pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka mensukseskan peningkatan konsumsi ikan masyarakat Sumatera Barat. “Salah satu strategi yang dilaksanakan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Barat adalah melalui gerakan GEMARIKAN. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan  diantaranya adalah lomba masak serba ikan, kampanye GEMARIKAN, promosi, bazar produktif lahan hasil perikanan dan kelautan serta pelaksanaan lomba dan penilaian terhadap partsipasi aktif Forikan Kab/Kota dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan di daerahnya serta implementasi program FORIKAN di PAUD dan Rumah Makan yang ada di Sumbar,” jelas Fariyetni.

Selain itu, Sekretaris Forikan Sumbar ini juga menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Forikan yang baru dilantik (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here