Pemkab Solok Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR Sekaligus Optimalisasi Pengelolaan Website Medsos SKPD

SOLOK, JN- Pemkab Solok, hari Rabu (19/7), menggelar Sosialisasi dan Bimtek Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) Sekaligus Optimalisasi Pengelolaan Website Medsos SKPD.

SP4N-LAPOR adalah Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional menggunakan aplikasi LAPOR.

Acara dibuka oleh Bupati Solok yang diwakili Asisten Koordinator Bid. Administrasi Umum : Editiawarman, S.Sos, M.Si, bertempat di Gedung Solinda, Arosuka.
Tampak hadir pada acara tersebut selain Asisten Koordinator Bidang Administrasi Umum : Editiawarman, S.Sos, M.Si, yakni Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar sebagai Narasumber, Yefri Heriani, Kepala Diskominfo, Teta Midra, SSTP, M.Si, Sekretaris Diskominfo, Safriwal, S.Si, M.Cio, Sekretaris Dinas dan Kecamatan Lingkup Pemda Kabupaten Solok dan Peserta Sosialisasi dan Bimtek.

Ketua Pelaksana acara,  Teta Midra, dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi SP4N  LAPOR ini, diharapkan pemerintah daerah dan penyelenggara pelayanan publik lainnya dapat terhubung dengan SP4N LAPOR. Sehingga penanganan pelayanan dapat terintegrasi secara nasional.
“Melalui SP4N LAPOR! Masyarakat diberikan fasilitas aspirasi pengaduan terhadap layanan pemerintah dan kegiatan pembangunan terkait sarana prasarana yang ada,” sebut Teta Midra.

Pada kesempatan itu, Teta Midra juga melaporkan bahwa Dinas Kominfo pada tahun 2021 ada sebanyak 38 laporan yang masuk dan telah kita tindak lanjuti semuanya dengan persentase 100%.

Baca Juga :
Wabup Solok H. Yulfadri Nurdin Menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020

Dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas juga harus ditunjang dengan prinsip transparansi informasi dengan memaksimalkan konten berupa website dan media sosial yang ada di setiap OPD.
Tujuan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi ini agar pengelolaan pengaduan dapat dijalankan sesuai dengan prinsip SP4N yaitu “No Wrong Door Miss” yang bermakna tidak ada pintu pengaduan yang salah.
‘ Hal ini ada guna menjamin hak masyarakat agar pengaduan apapun dengan jenis apapun dapat tersalur kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang,” terang Teta Midra

Bupati Solok yang diwakili Asisten III Editiawarman, S.Sos, Msi, menyampaikan Permintaan maaf dari Pimpinan karena tidak dapat hadir bersama kita pada kegiatan kali ini.

Menurut Editiawarman, Sosialisasi dan Bimtek SP4N LAPOR! dan Pengelolaan Website merupakan kegiatan yang penting untuk kita lakukan dimana saat ini terkait pelayanan publik kita sudah mulai beralih pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memanfaatkan Aplikasi.
“Dalam waktu dekat ini kita di Kabupaten Solok juga akan dilakukan penilaian oleh Ombudsman terkait pengelolaan pelayanan publik. Maka dari itu saat ini mohon Ikuti  kegiatan ini dengan serius sehingga nantinya kita bisa menerapkan sistem pelayanan publik yang sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan,” hatap Editiawarman.
SP4N LAPOR! ini merupakan hal yang wajib kita laksanakan di SKPD masing-masing dimana telah ditegaskan dalam Perbub No.42 tahun 2020 tentang pedoman pengelolaan pengaduan publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok.

Baca Juga :
Tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Dipastikan Lolos Pilkada 2020

“Dalam hal ini dapat kita pedomani bersama bahwa kita harus berkomitmen dan kerjasama dari seluruh unsur yang ada baik dalam penyedia informasi publik maupun penerima pengaduan masyarakat sebagai bentuk feedback penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Solok,” terang Editiawarman.


Hal ini dimaksud untuk mewujudkan bagaimana pelayanan publik maupun pelayanan informasi publik dapat berjalan lebih baik kedepannya dalam hal ini pemerintah kabupaten Solok telah menyediakan Portal pengaduan melalui Aplikasi SP4N LAPOR (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.