Pemkab Solok Gelar Sosialisasi E-Government: Saatnya Perkantoran Menerapkan Sistem Elektronik

0
666

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, menggelar acara Sosialisasi Penerapan Sistim Perkantoran Elektronis, bertempat di Ruang Pelangi kantor Bupati Solok, Rabu (1/11). Acara sosialisasi ini diselenggarakan sesuai Perbub Solok Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan dan Pengembangan E-Goverment dan Perbub Solok Nomor 18 Tahun 2017 tentang pemanfaatan Website di Lingkungan Pemkab Solok. Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut Asisten II Bupati Solok, Drs. H. Suharmen Thaib, MM, Plt. Dinas Kominfo Kabupaten Solok, Lida Attica Alfi, SKM, Kepala SKPD lingkup Pemeritnah Kabupaten Solok, para Camat se Kabupaten Solok dan seluruh peserta sosialisasi yang hadir.
Ketua Pelaksana acara, Lida Attica Alfi, SKM, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan acara sosialisasi penerapan sistem perkantoran elektronis, Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Dan Pengembangan E-Government Dan Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Pemanfaatan Website di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok. Tujuan yang akan dicapai adalah terwujudnya pemahaman dan kesepahaman tentang Penerapan Sistem Perkantoran Elektronis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok. Kemudian untuk terwujudnya pemahaman dan kesepahaman tentang pengembangan e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Pemahaman dan kesepahaman tentang Pemanfaatan website di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok dan terwujudnya Efisiensi dan Efektifitas dalam penerapan e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok

Sementara peserta acara Sosialisasi Dan Koordinasi Tata Kelola Dan Implementasi E-Government Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok Tahun 2017 berjumlah sebanyak 78 orang yang terdiri dari unsur Asisten 3 Orang, Kabag 9 Orang, Kepala SKPD sebanyak 26 Orang, Kasubag Umum dan Kepegawaian 26 Orang dan Camat sebanyak 14 Orang
Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya berharap bahwa dengan perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini, jaringan broadband berkecepatan tinggi, dan internet, maka telah memungkinkan perkantoran untuk menerapkan sistem perkantoran elektronis. “E-Office merupakan salah satu bentuk penerapan Pemerintahan Elektronis atau E-Government. Hal ini sesuai dengan amanat dalam Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, dimana Pemerintah daerah dituntut untuk memanfaatkan media elektronik dan sistem digital dalam memaksimalkan layanan pemerintah di segala bidang,” jelas Gusmal.

Disebutkan Bupati, proses bisnis dan mekanisme kerja/prosedur dalam sistem manajemen perkantoran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok masih belum efektif dan efisien hal ini dapat dilihat dari beberapa indicator seperti biaya operasional tinggi, Pengambilan keputusan sering kali lambat, Membutuhkan Banyak Personil dalam Operasional, Proses administrasi sering terhambat dan lainnya. “Belum efektif dan efisiennya proses bisnis dan mekanisme kerja dalam manajemen administrasi perkantoran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok dapat diatasi dengan menerapkan Sistem Perkantoran Elektronis dimana semua proses bisnis dan mekanisme kerja/ prosedur diatur oleh sebuah aplikasi Sistem Perkantoran Elektronis salah satu aplikasi yang bisa dipakai adalah aplikasi SIMAYA,” terang H. Gusmal.
Bupati berharap agar peserta bisa mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya agar bisa diterapkan. “Semoga acara Sosialisasi ini, memberikan dukungan penuh terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok dalam mweujudkan misi Pemerintahan Kabupaten Solok,” pungkas Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here