Pemkab Solok Gelar Rapat Penyaluran Bantuan Sosial Bagi Warga Yang Terdampak Covid-19

0
386

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, hari Minggu (3/5), menggelar Rapat Penyaluran Bantuan Sosial Yang Terdampak Covid-19 untuk masyarakat Kabulaten Solok.

Rapat digelar di Guest House Arosuka, dengan dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, Wakil Bupati Solok,  H. Yulfadri Nurdin, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, H. Aswirman, SE, MM, Askor bidang Pemerintahan ( Edisar, SH, M, Hum, Askor Bidang Eksbangkesra, Medison,S,Sos,M,Si, Askor Bidang administrasi,  Sony Sondra, SE, M, Si, Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Camat Se-Kabupaten Solok dan lainnya.
Rapat pada intinya mengambil keputusan bahwa Bantuan Sosial yang akan diberikan oleh Pemda Kabupaten Solok itu dibagi menjadi 2 bagian yakni: 1. Bantuan yang sudah ada sebelum Covid-19 seperti Bantuan PKH diberikan kepada 2.565 KK yang ada dikabupaten Solok, Bantuan PKH-Sembako 13.258 KK,  Bantuan Sembako 7.938 KK             2. Bantuan Pandemi Covid-19 yakni bantuan sosial dari BLT Pusat sebanyak 14.665 KK. Kemudian Bantuan Sosial dari BLT Provinsi sebanyak 9.902 KK  dan diserahkan kepada nagari sepenuhnya. Sementara Bantuan Dana Desa sebanyak 13.359 KK.

Seluruh penerima bantuan yang 6 macam baik berupa PKH, PKH Sembako, Sembako, BLT Pusat, BKT Provinsi, BKT Dana Desa, juga akan mendapatkan bantuan beras (Premium) dari APBD Jabupaten Solok dan yang semula 20 kg per KK dikarenakan jumlahnya meningkat maka berubah menjadi 10 kg per KK untuk bulan April dan insyallah pada bulan Mei juga akan disalurkan.


“Untuk penyaluran bantuan tidak boleh diambil atau dijemput oleh masyarakat penerima sehingga tidak terjadi pengumpulan massa dan nagari membentuk tim penyaluran bantuan iniBantuan ini tidak langsung diantar ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, tetapi di antar bergilir sesuai dengan status kecamatan, mulai dari kecamatan berstatus zona merah, kuning dan hijau,” sebut Bupati Solok, H. Gusmal.
APBD kabupaten Solok juga akan membantu 4 panti asuhan yang ada di kabupaten Solok. Bantuan kepada masyarakat kabupaten Solok sebanyak 61.687 kepala keluarga ( 72,5%) akan dibantu oleh pemerintah daerah dan akan segera disalurkan.


“Masyarakat penerima BLT dana desa tidak boleh dempet dengan BLT yang 5 sebelumnya yang artinya BLT dana desa ini untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan yang 5 sebelumnya,” terang H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here