Pemkab Solok Gelar Rakor Dengan Forkopimda Dalam Rangka Kesiapsiagaan Virus Corona

0
245

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, hari Sabtu (14/3), menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan unsur terkait dalam rangka Kesiapsiagaan Virus Corona (Covid-19), bertempat di ruang Solinda, kantor Bupati Solok.

Tampak hadir pada acara tersebut Bupati Solok diwakili oleh Sekda Kab. Solok, Aswirman, SE. MM, Asisten Koor Administrasi, Sony Sondra, SE. MSi, Kepala SKPD di lingkup Pemkab. Solok beserta seluruh camat se Kabupaten Solok, unsur Forkopimda Kabupaten Solok dan seluruh unsur terkait lainnya.

Ketua panitia pelaksana, dr. Maryeti Marwazi, Mars, yang juga Kadis Kesehatan Kabupaten Solok, dalam laporannya menyebutkan bahwa situasi covid-19 di Indonesia hingga tanggal 13 Maret 2020 sudah mencapai 69 positif dan sudah dilakukan pemeriksaan.

Menanggapi kasus ini, sudah ada beberapa langkah kesiapsiagaan Kabupaten Solok dalam menghadapi masalah dunia ini, diantaranya menyebarluaskan dan mensosialisasikan himbauan Bupati Solok dalam upaya pencegahan dan penyebaran penyakit infeksi corona.

Pemkab Solok melakukan surveilans (pengawasan serta pemantauan) terhadap orang yang baru datang / setelah perjalanan dari negara yang terjangkit. Pelaporan kasus ILI, ISPA dan pneumonia dari Puskesmas setiap hari.

Kemudian Penyebaran media informasi seperti (baliho) serta pembagian leaflet tentang pencegahan penyakit infeksi corona di setiap Puskesmas,  tempat umum dan masyarakat umum lainnya. 

Pemkab Solok juga menyediakan posko dan pusat informasi kesiapsiagaan covid-19 di Dnas Kesehatan Kabupaten Solok dan melakukan sosialisasi diseluruh kecamatan dan nagari di Kabupaten Solok.

Selanjutnya melakukan penyemprotan desinfektan pada tempat umum.

Pemkab Solok juga akan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi yang membutuhkan (seperti pegawai yang bekerja di instansi kesehatan / RS, puskesmas).

Bupati Solok diwakili oleh Sekda Kab. Solok, Aswirman, SE. MM, dalam arahannya menyebutkan bahwa mengingatkan seluruh masyarakat bahwasanya penyakit infeksi corona (covid-19) ini merupakan ancaman bagi kita semua, maka dari itu kita harus selalu waspada terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar yang memiliki gejala-gejala yang sesuai dengan yang dialami oleh penderita covid-19.

” Selalu lakukan pemantauan kepada masyarakat umum terkait dengan gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit infeksi corona (covid-19) ini,” sebut Aswirman.

Pihaknya menghimbau agar seluruh masyarakat agar lebih membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat.

“Lakukan segala langkah yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mengantisipasi penularan penyakit infeksi corona (covid-19). Saya berpesan kepada dinas kesehatan dan unsur terkait agar dapat segera melakukan penyemprotan desinfektan sesuai anjuran Pemerintah Pusat,” Aswirman.

Khusus untuk wilayah Kabupaten Solok, agar disediakan hand sanitizer di seluruh kantor dinas (SKPD) serta tempat/fasilitas umum lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here