Pemkab Solok Gelar Rakor Dengan Dinas Penanaman Modal Ombudsman, BLK dan BPJS

0
253

SOLOK, JN-Pemerintah Kabupaten Solok, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) deengan Dinas Penanaman Modal PTSP Dan Tenaga Kerja,Ombudsman Perwakilan Sumbar, BLK Padang, BPJS Kesehatan Dan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok.

Rakor digelar di Ruangan Solok Nan Indah, Selasa kemaren (18/2), dengan dihadiri oleh Bupati Solok H.Gusmal,SE, MM, Naker Provinsi Sumbar, Rina Adyanti, S.IP.M,Si, Kadis PMPTSP Naker Kabupaten Solok, Drh.Kennedy Hamzah, Kepala BLK Wilayah Sumbar Hari Samsi, Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yunesa Rahman, BPJS Kesehatan Cabang Solok, Dr.Rudi Widjajadi, M, Kes, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Muhammad Fanani, para Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Solok, para Camat dan Wali Nagari Sekabupaten Solok, dan para Kepala SMK Sekabupaten Solok.

Ketua Panitia pelaksana acara, Drh. Kennedy Hamzah, dalam laporannta mengucapan terimakasih kepada Ombudsman Perwakilan Sumbar, BLK Padang, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan Kegiatan ini. “Tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk melakukan sinkronisasi dan sinergi dalam pelaksanaa program kegiatan antara PTSP Naker dengan SKPD, Camat, wali nagari dan Kepala SMK Sekabupaten Solok,” sebut Kennedy.

Acara juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam melaksanakan kewajiban atas kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan bagi tenaga kerja di kabupaten Solok.

Tujuan lainnya adalah penyamaan persepsi terhadap peningkatan pelayanan publik serta adanya komitmen bagi kemudahan investasi penanaman modal di kabupaten Solok. Menyiapkan daya dukung terhadap pelaksanaan program strategis nasional tentang kartu prakerja dengan menyiapkan data data pencari kerja yang ada di kabupaten Solok.

“Selain itu acara ini bertujuan untuk mengidentifikasi program dan kunjungan pelatihan baik di BLK Solok maupun Pelatihan di Luar Kabupaten Solok yang sesuai dengan ninat dan kebutuhan,” sebut Kenedi.

Sosialisasi Program pemagangan tenaga kerja baik dalam negeri maupun luar negeri serta meningkatkan peserta jaminan sosial tenaga kerja pada BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

Bupati Solok, H. Gusmal,SE,MM, dalam arahannya memberi apresiasi dan ucapan terimakasih kepada PTSP Naker, Ombudsman Perwakilan Sumbar,BLK Padang, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah menggagas terlaksananya kegiatan ini. “Program jaminan sosial bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktifitas pekerja dan memberikan kepastian jaminan untuk seluruh tenaga kerja. Diminta Kepada Seluruh Perusahaan di Jabupaten Solok untuk mengikutkan tenaga kerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan,” sebut H. Gusmal.

Bupati Solok itu juga menghimabu kepada Seluruh Kepala SKPD, camat dan wali nagari untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dimasa yang akan datang dengan menyerahkan Urusan perizinan yang masih berada di SKPD kepada pelayanan terpadu satu pintu dan SKPD segera memproses rekomendasi teknis yang dibutuhkan dalam penerbitan izin.

“Kepada camat dan wali nagari, agar lebih mengidentifikasikan pemberian izin mendirikan bangunan yang menjadi kewenangannya serta menyampaikan rekomendasi yang menyeluruh terkait persyaratan perizinan, waktu dan biaya sehingga masyarakat tidak bolak balik yang mengakibatkan banyak memakan biaya dan waktu,” harap Gusmal.

Bupati meminta kepada SKPD terkait, beserta camat dan wali nagari untuk menyiapkan data data pencari kerja/Pengangguran,Pekerja/Buruh aktif dan korban PHK untuk dapat diusulkan sebagai penerima program Kartu Prakerja yang mana Program ini adalah dari pemerintah pusat.

Untuk meningkatkan SDM dan kompetensi tenaga kerja perlu diadakan pelatihan dan pemagangan baik itu didalam dan diluar negeri dan untuk kabupaten solok pada tahun 2020 ini akan ada pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK sebanyak 20 Paket.

Kemudian kepada kepala SMK, Gusmal meminta agar mensosialisasikan program ini kepada calon lulusan SMK dan alumni SMK yang membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK agar menjadi tenaga kerja yang siap pakai dan handal dibidangnya masing masing (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here