Pemkab Solok Gelar Lomba Ayam Kukuak Balenggek

0
1088

SOLOK, JN-Dinas Pertanian yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Solok, menggelar lomba ayam kukuak balenggek, Selasa (15/8), bertempat di halaman parkir kantor Bupati Solok.

 

Lomba dibuka oleh Bupati Solok, bertempat di lapangan parkir Kantor Bupati Arosuka dan diikuti oleh ratusan peserta dan penggemar ayam kukuak balenggek dari seluruh nagari yang ada di Kabupaten Solok. Lomba dibagi dalam dua kategori yakni kategori Bako dan kategori Landik dan masing-masing kategori juara pertamanya akan menerima uang tunai Rp 4 juta dan ditambah piagam. Sementara juara 2 mendapatkan uang tunai Rp 3 juta dan ditambah piagam serta masing-masing hadiah ketiga akan mendapatkan uang tunai Rp 2 juta ditambah piagam penghargaan.

 

“Lomba semacam ini memang jarang digelar dan alhamdulillah tahun ini kita bisa ikut berperan memeriahkan HUT Kabupaten Solok, meski hanya dengan mengikuti lomba,” tutur Mak Siar  (55), Batu Bajanjang, disela-sela acara lomba. Dijelaskannya, ayam kukuak balenggek yang menjadi icon Kabupaten Solok, saat ini sudah mulai langka dan sangat menarik untuk dilombakan, karena jumlah lenggek dari kukuak ayam asli asal Tigo Lurah dan Sirukam, bisa berpariasi dari lima hingga lima belas lenggek. “Harga ayam ini tergantung jumlah lenggeknya, kalau kuakuaknya mencapai 10 keatas, maka harga ayam bisa Rp 5 juta hingga Rp 15 juta jelas Mak Siar.

 

Sementara Bupati Gusmal, meminta agar dewan juri bertindak fair dalam penilaian. Lomba ayam kukuak balenggek ini, selain untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok, juga sekaligus berharap agar Dinas Peternakan bisa menjaga kelestraian ayam asli Solok. “Kita perlu melestarikan keberadaan ayam kukuak balenggek yang asli Solok ini dan tiap tahun akan kita lombakan,” jelas H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here