Pemkab Solok Gelar Bursa Inovasi Nagari

0
452

SOLOK, JN-Pemerintah Kabupaten Solok, selama seharian penuh pada Jum’at (15/12), menggelar acara bursa Inovasi nagari, bertempat di Ruang Pelangi kantor bupati Solok.

Meurut Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Nagari, Medison yang juga  sekaligus sebagai ketua pelaksana acara, menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah suatu agenda pemerintahan yang merupakan kolaborasi program antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemkab Solok yang dinamai Bursa Inovasi Nagari atau desa.

Tujuan acara ini adalah untuk menampung inovasi nagari 2017, agar dapat memanfaatkan dana desa lebih bijak, kreatif dan inovatif. “Peluang desa untuk berinovasi ini lebih terbuka, nagari mendapat dukungan, pendampingan dan sumber daya lainnya juga tersedia. Untuk itu, mari  manfaatkan dana desa dengan lebih bijak, kreatif dan inovatif agar bermanfaat karena nagari memiliki sumber dana yang besar,” jelas Medison.

 

Kegiatan Bursa Inovasi Nagari berdasarkan keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 83 tahun 2017 tentang penetapan pedoman umum program inovasi desa 2017 di seluruh Indonesia, surat Sekretaris Daerah Sumbar tanggal 12 Oktober 2017 tentang pelaksanaan Program Inovasi Desa 2017 serta surat Keputusan Bupati Solok nomor 412.1-493-2017 tanggal 18 Oktober 2017 tentang pembentukan tim Inovasi nagari atau desa di Kabupaten Solok.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Provinsi Sumbar diwakili Koordinator Wilayah II, Khairul Anwar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah ide dan gagasan dari hasil rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Dinas penerima dana desa di Sumatera Barat, serta rekan-rekan tenaga ahli pendamping Desa. Diharapkannya dengan kegiatan ini akan bisa menjadi salah satu bentuk acuan bagi Nagari untuk melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberian motivasi kepada masyarakat secara lebih inovatif dan itu nanti juga ditambah dengan kegiatan dan kreasi baru yang ada di Solok, yang didampingi teman-teman dari tenaga ahli dan pendamping desa.

 

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH,dalam arahannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Bursa Inovasi Desa atau Nagari di Kabupaten Solok ini, dengan harapan dapat mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana di Nagari.

“Kegiatan ini juga bisa atau bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pengembangan kapasitas desa secara secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar, serta infrastuktur desa,” jelas Yulfadri Nudin.

Ditambahkan Wabub, dengan diikuti perangkat nagari yakni Wali Nagari, Ketua Badan Musyawarah Nagari (BMN) dan Tokoh Masyarakat, maka hal ini jelas akan bermanfaat.  “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan nantinya akan bisa mempercepat penanggulangan kemiskinan di nagari melalui pemanfaatan dana nagari secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas nagari secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan pengembangan sumber daya manusia.,” jelas Yulfadri Nurdin.

Ditambahkan Wabub, bahwa program inovasi ini untuk peningkatan kualitas pemanfaatan dana nagari, merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan pengembangan sumber daya manusia dan memicu munculnya Inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif  (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here