Pemkab Solok Gelar Bimtek Penguatan Penyelenggaraan Pemerintah

0
556

SOLOK, JN-Pemerintah Kabupaten Solok, hari Selasa (19/9), mengelar acara Bimbingan Teknis Penguatan Penyelenggaraan Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), bertempat di Ruangan Pelangi, Kantor Bupati Solok. Acara dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal, dan dihadiri oleh
Kepala BPKP Perwakilan Sumbar, Danny Amanda, Kepala Inspektorat, Hermatias, Para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Para Camat se Kabupaten Solok dan undangan lainnya.
Ketua panitian pelaksana, Hermantias yang juga Kepala Inspektorat Kabupaten Solok dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan acara ini digelar adalah untuk membangun kesadaran dan kenyamanan persepsi diantara seluruh personil Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga OPD mampu menciptakan tata kelok pemerintah yang baik. “Dengan adanya bimtek ini, bagi OPD kedepannya dapat melakukan pemetaan resiko terhadap setiap kegiatan,” jelas Hermantias. Para peserta bimtek merupakan utusan dari semua OPD dan akan dilaksanakan 2 periode, yakni priode pertama pada tanggal 24- 29 September dan angkatan ke 2 pada tanggal 2 hingga 6 Oktober 2017 yang bertempat di Padang.
Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan bahwa Sistem Pengendalian Intern (SPI) merupakan salah satu komponen audit oleh BPK maupun APIP sehingga harus menjadi budaya organisasi. “Organisasi tidak akan bisa dipastikan berjalan sesuai track yang telah dibuat, sebagus apapun system kerja tanpa pengendalian yang baik maka tentu akan menjadi keniscayaan,” jelas Gusmal. Bupati berharap bimtek ini dapat mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih sesuai dengan salah satu pilar pembangunan daerah yang telah di canangkan kepala daerah. Disebutkan Bupati, banyak persoalan di pemerintah daerah kita saat ini yang bisa kita jadikan gambaran bagaimana pengendalian itu belum berjalan dengan baik. “Makanya opini WTP yang diidam idam kan relatif sulit kita dapatkan, kalau bekerja tidak sesuai prosedur,” jelasnya.
Bupati meminta kepada seluruh peserta bimtek, agar mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan serius dan kepada kepala OPD Bupati berpesan agar dapat terus memantau dan memberikan saran pembuatan dokumen penilaian resiko dan penyusunan rencana tindak pengendalian (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here