SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, menggelar acara Bimbingan teknis (Bimtek) penerapan Aplikasi Sistim Keuangan Desa/ (Siskeudes), bagi Aparatur Nagari, seperti Walinagari, Sekna, Kaur umum perencanaan dan operator Siskeudes, se Kabupaten Solok, bertempat di Rocky Hotel Padang, Senin (24/2).

Acara dibuka Bupati Solok, H. Gusmal, dengan dihadiri oleh Kepala DPMN Ferisnovel, S,IP,M,Si, Dirut Bank Nagari Syafrizal, para Wali Nagari, Sekna, Kaur Umum Perencanaan Dan Operator Siskeudes Nagari Sekabupaten Solok.

Ketua panitia pelaksana acara, Ferisnovel, dalam laporannya menyebutkan bahwa Ruang lingkup kegiatan ini adalah pelatihan tata kelola keuangan nagari berdasarkan permendagri 20 tahun 2018 terkait mulai dari siklus perencanaan hingga pelaporan keuangan Desa/nagari serta bimbingan teknis penginputan APBN Nagari TA.2020 Kedala Aplikasi Siskeudes 2.02.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengelolaan keuangan nagari bagi wali nagari berdasarkan permendagri 20 tahun 2018 dan bimbingan teknis penginputan APBN Nagari TA.2020 kedalam Aplikasi Siskeudes 2.02 kepada Sektretaris Nagari dan Operator Siskeudes Nagari,” sebut Ferisnovel.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman wali nagari selaku pemegang kekuasaan keuangan nagari (PKPN) dalam mengelola keuangan nagari berdasarkan aturan yang berlaku. Acara dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 24 s/d 26 Februari 2020 yang bertempat di Rocky Hotel Padang. Sementara jumlah peserta yang hadir pada hari sebanyak 190 orang dengan jumlah nagari yang ikut serta 67 nagari ,sementara 7 nagari belum ikut dikarenakan Ranperna APB Nagari tersebut belum dibahas dengan BPN diantaranya adalah Nagari Lolo, Nagari Koto Gaek Guguak, Nagari Siaro-aro, Selayo Gantung Ciri, Gaung dan Tanjung Bingkuang.

Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya mengucapkan terimakasih kepada kepada peserta yang sudah hadir dalam pelatihan tata kelola keuangan nagari dan bimtek Siskeudes ini.

“Semoga dengan kegiatan ini menjadikan pengelolaan keuangan nagari menjadi lebih baik, tertib dan akuntabel,” sebut Gusmal. Disebutkan Bupati, begitu besarnyaa peran yang diterima nagari tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula, oleh karena itu pemerintah nagari harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahanya.

“Saya mengingatkan kepada para pengelola keuangan nagari agar dapat mengelola keuangan nagari sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Saya berharap melalui kegiatan ini pengelola keuangan nagari dapat memahami dan menerapkan Aplikasi Siskeudes 2.02.di nagari masing-masing,” sebut H. Gusmal.

Bupati juga berharap penegelolaan keuangan nagari dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya serta transparan, akuntabel dan partisipatif.

Kepada DPMN diharapkan untuk terus memberikan layanan dan dukungan serta bimbingan yang lebih intensif kepada pemerintahan Nagari.

“Pemerintah nagari dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan secara akuntabel mulai dari perencanaan, pelaksanaan,penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan,” terang Bupati.

Kegiatan juga dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada nagari Jawi-Jawi Guguak, kecamatan Gunung Talang sebagai Nagari terbaik 3 tingkat provinsi Sumbar dalam penilaian kopetensi dan transparansi Dana Desa Tahun 2019.

Kemudian pemberian penghargaan kepada 4 nagari tercepat penyampaian APB Nagari tahun 2020 dan penyusunan DD tahap 1 TA.Anggaran 2020 yang diberikan kepada Nagari Jawi-Jawi Guguak, Nagari Alahan Panjang, Nagari Sumani dan Nagari Koto Sani.

Selanjutnya penyerahan Baju Family Gathering dari Bank Nagari yang diserahkan secara simbolis kepada wali Nagari Indudur, wali Nagari Batang Barus, wali Nagari Koto Baru dan wali Nagari Kacang (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here