Pemkab Solok Gelar Apel Siaga Bencana di GOR Batu Batupang

0
178

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, hari Rabu (12/), menggelar Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Solok, bertempat di
Lapangan Sepak Bola GOR Batu Batupang Koto Baru.

Tampak hadir pada acara tersebut, Bupati Solok, yang diwakili oleh
Sekda Aswirman, SE.MM, AsistenI II Sony Sondra, Kapolres Solok, AKBP Ferriy Irawan, S. Ik, Kapolres Solok Kota AKBP Fery Suwandi, Kodim 0309 Letkol Arm. Reno Triambodo, unsur Forkopinda Kabupaten Solok lainnya, Kepala Badan/ Dinas/ Kantor
peserta Apel TNI, Polri, relawan Rapi/Orari kelompok siaga bencana (KSB) nagari.

Bupati Solok dalam amanatnya yang dibacakan oleh Letkol Arm. Reno Triambodo sebagai komandan Apel Siaga Bencana menyebutkan bahwa atas nama pemerintah Kabupaten Solok mengucapkan terim,a kasih atas kehadiran peserta apel siaga bencana yang merupakan garda terdepan dalam penanggulangan bencana sesuai dengan amanat UU Nomor 23 tahun 2014.

“Urusan penanggulangan bencana merupakan urusan wajib diselengarakan oleh pemerintah daerah, terkait dengan kewajiban melaksanakan pelayanan dasar bagi masyarakat yang ditetapkan dengan standar pelayanan minimal,” sebut Letkol Arm. Reno Triambodo.

Jenis pelayanan dasar Sup urusan bencana sesuai dengan PP nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal yaitu pelayanan informasi rawn bencana, pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana. Kemudian pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana. mengacu U nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana bahwa pemerintah berkewajiban melakukan dan merespon bencana pada masayarakat sebagai wujud ” manisfestasi negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikn rasa aman pada seluruh warga negara “.

Disebutkannya, sebagai daerah rawan bencana baik bencana faktor alam non alam dan juga ulah manusia. kejadian bencana di kab solok saat ini sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun adapun jenis bencana yang paling sering terjadi banjir bandang, longsor, angin kencang.
“Melalui apel siaga bencana ini kita tingkatkn kebersamaan dalam penanggulangan bencana sesuai amanat UU dan tugas bersama Pemerintah,TNI, POLRI, Dunia Usaha dan Masarakat,” sebut Letkol Arm. Reno Triambodo.

Disebutkannya, sebagai output dari apel ini saya mengharapkan TRC masing masing OPD Baik TNI,Polri pemangku kepentingan supaya lebih propesional sesuai dengan motto tanggap tangkas tangguh. Seperti arahan presiden Joko widodo dalam rapat koordinasi nasional tanggaal 4 feb 2020 yakni seluruh instansi pemerintah pusat/ daerah harus bersinergi untuk upaya pencegahan bencana. Kemudian Gubernur/Bupati/Walikota harus segera menyusun rencana kontijensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana. Kemudiam penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara koloboratif.
4. harus mengempangan potensi kepemimpinan sumber daya yang handal. 5. panglima dan kapolri untukturut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum.

“Kepada seluruh peserta apel diharapkan salaing bahu membahu dalam penanggulangan bencana sesuai dengan tugas dan tuposi masing-masing,” pungkas Letkol Arm. Reno Triambodo (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda