Pemkab Solok Evaluasi Kegiatan ABS-SBK 2017

0
412

SOLOK, JN– Pemerintah Kabupaten Solok, menggelar evaluasi pelaksanaan ABS-SBK  tahun 2017, bertempat di Ruang Danau Singkarak, Selasa (19/12). Acara evaluasi tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra, Drs. Suharmen Thaib, Kabag Kesra, Nofiarman dan para Kepala OPD yang ada di Kabupaten Solok  serta Camat dan Walinagari yang hadir.

 

Ketua panitia pelksana yang juga Kabag Kesra Kabupaten Solok, Nofiarman dalam laporannya menyebutkan bahwa ABS-SBK adalah kerangka Pandangan hidup orang Minangkabau yang memberi makna hubungan antara Manusia, Allah dan Alam Semesta. “Tahun ini Nagari yang telah melaksanakan program ABS-SBK berjumlah sebanyak 50 Nagari di Kabupaten Solok,” jelas Nofiarman. Disebutkannya, sementara sisanya nagari yang belum dapat akan dilaksanakan tahun depan.

 

Wakil Bupati Solok, Yuladri Nurdin dalam arahannya menyebutkan bahwa ABS-SBK merupakan landasan dari sistem nilai, pandangan hidup yang menjadikan Islam sebagai sumber utama dalam tata dan pola perilaku yang melembaga dalam masyarakat Minangkabau. “Melalui kegiatan evaluasi ini, diharapkan terciptanya singkronisasi untuk memperjelas jati diri dari etnis Minangkabau sebagai sumber harapan dan kekuatan yang menggerakkan ruang lingkup kehidupan dan menjadi tolak ukur untuk melihat dunia Minangkabau dari ranah kehidupan berbangsa dan bernegara dan dalam pergaulan dunia,” ucap Yulfadri Nurdin.

Diharapkan melalui kegiatan ini, kita semua dapat melestarikan adat, budaya dan sejarah Nagari, serta peraturan Nagari yang akan menjadi dasar dan acuan sehingga anak cucu tidak kehilangan sejarah di masa yang akan datang (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here