Pemimpin Baru Kabupaten Solok Harus Prioritaskan Usaha Kecil Menengah

0
379

Oleh: Nosa Ekananda……………….

POTENSI Kabupaten Solok yang sangat memungkinkan adalah untuk bisa membantu masyarajat kecil adalah sektor Pariwisata.

Kabupaten Solok sangat terkendala dengan keterbatasan dana/uang dan masih sangat tergantung dari Pusat.

Sumbet dana yang didapat dari APBD Provinsi atau APBN, harus dialokasikan untuk yang tepat sasaran, prioritas utama, kebutuham masyarakat, seperti UMKM.

Dengan kondisi APBD seperti itu, misi Kepala Daerah kedepan kalaupun tidak bisa menggenjot PAD, paling tidak membuka ruang dan peluang agar sebagian pendapatan masyarakat ada atau bertambah. Salahsatu sumber potensi kita itu adalah Pariwisata, ada destinasi wisata.

Apakah pertama destinasi buatan yang harus didanai dulu oleh APBD untuk dibangun dari nol atau kedua wisata alami, memanfaatkan karunia Allah swt., alam yang indah penuh pesona dan wahana.

Yang saya dan kita inginkan adalah distinasi/ objek wisata alami. Kita di Kabupaten Solok haruslah mengeksplorasi titik-titik wisata alam yang sudah ada, jangan yang dibuat atau ciptaan kita. Yang alami itu yang kita garap. Selain lebih menarik dan memuaskan, juga dengan kondisi APBD, kita langsung move on.

Tidak menghabiskan uang dulu milyaran rupiah, bangun ini dan itu, yang hasilnya sudah sama-sama kita lihat dan evaluasi. Tidak juga menghasilkan, malah target PAD tidak tercapai, uang habis untuk membangun, masalah baru muncul, sia-sia.

Baru setelah itu dengan sendirinya, akan muncul tanpa kita sadari ekonomi masyarakat usaha mikro dan kecil akan tumbuh, menjamur disekitaran objek wisata alami tersebut. Ekonomi masyarakat bawah hidup dan menggeliat. Pada akhirnya kita telah selesai membantu sebagian ekonomi masyarakat. Itulah tugas Pemerintah dan Negara. Memberi ruang dan peluang usaha.

Harapan saya, kepada Kandidat Pemimpin Kabupaten Solok khususnya, Sumatera Barat umumnya, yang sama-sama akan melaksanakan Pilkada serentak ditahun 2020, ayo ubah mindset kita. Arahkan APBD untuk penunjang sarana dan prasarana objek wisata alam, bangun jalan dan fasilitas lainnya dengan kreatifitas, murah dan mudah. Semoga!!! (Penulis adalah Nosa Ekananda, anggota DPRD Kabupaten Solok)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda