Pembangunan Ponpes Sulaimaniyah Darianis Yatim Dimulai

0
1803

SOLOK, JN- – Harapan Kota Solok yang berjuluk Kota Beras Serambi Madinah untuk melahirkan generasi penghafal Al-Quran, melalui Pesantren semakin dekat. Walikota Solok Zul Elfian meletakan batu pertama Pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Sulaimaniyyah Darianis Yatim Solok, yang merupakan hasil kerjasama Yayasan Darianis Yatim dan United Islamic Cultural Of Indonesia (UICCI) Turki, Senin (12/2) di Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Dikatakan Walikota, pembangunan fisik Ponpes tersebut ditarget selesai pada bulan Juni, dan setelah itu langsung dapat menerima siswa. Pemerintah Kota Solok akan membantu mempercepat pembangunan pesantren penghafal Al-Quran, dengan berbagai kemudahan baik perijinan dan sebagainya.

Nantinya siswa yang berprestasi ketika belajar Tahfidz di Ponpes itu akan dikirim ke Turki untuk memperdalam keilmuanya. Walikota berharap Generasi yang akan dihasilkan Ponpes dapat mewujudkan Visi-Misi Kota Solok menjadi Kota serambi madinah yang diberkahi.

“Berpegang teguh pada pepatah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, itulah visi misi yang sangat ingin diwujudkan di Kota Solok,” kata Walikota.

Sementara itu untuk pembangunan Ponpes, tanah yang digunakan merupakan wakaf dari masyarakat setempat, tepatnya berada di samping SMKN 3 Solok, di Kelurahan Laing. “Saya turut bahagia, dengan adanya masyarakat yang ikut menyumbang membangun ponpes ini dengan mewakafkan tanahnya, bahkan akhir-akhir ada banyak lagi masyarakat yang mengusulkan tanahnya untuk diwakafkan.” Kata Zul Elfian.

Hal tersebut menandakan masyarakat mulai menyadari pentingnya untuk berkontribusi kepada pembangunan daerahnya. “Nanti, jika anak-anak solok bersekolah di Ponpes ini, kemudian berkarakter baik, menjadi teladan dan berprestasi, akan dibawa ke Turki, memperdalam ilmunya disana, kemudian kembali lagi ke Kota Solok, menjadi kebanggan kita semua dan yang pastinya harus bisa membangun daerah,” kata Walikota Solok

Pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Sulaimaniyyah Darianis Yatim di Solok bekerja sama dengan Yayasan United Islamic Cultural Center Of Indonesia (UICCI) Turki. Pondok pesantren Tahfidz Sulaimaniyyah Darianis Yatim ini merupakan pondok pesantrean ke 28 yang dibangun UICCI di Indonesia.(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here