Seputar Ranah MinangSolok Raya

Pawai Alegoris Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kabupaten Solok Meriah

×

Pawai Alegoris Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kabupaten Solok Meriah

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Pawai Alegoris Perayaan HUT Kemerdekaan  RI yang ke-77 di Kabupaten Solok, berlangsung Meriah.
Pawai dibuka Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar, bertempat di Taman Hutan Kota Wisata, Arosuka, Sabtu, (20/8).

Selain Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar, pawai juga dihadiri Ketua TP-PKK Kab. Solok, Ny. Hj. Emiko Epyradi Asda, unsur Forkopimda, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Medison, S.Sos, M.Si, Asisten II,  Drs. Syahrial, MM, para Kepala OPD, para Camat Se-Kabupaten Solok, Walinagari Se-Kabupaten Solok, Masyarakat Kabupaten Solok serta peserta pawai.
Pawai Alegoris perayaan HUT RI Ke-77 menempuh rute dari depan kantor DPRD terus menuu Tugu Ayam dan selanjutnya ke Taman Hutan Kota Wisata Arosuka dan dimulai pada kurang lebih pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Baca Juga :
Kabupaten Solok Ikuti  Pemeran INACRAFT 2022 di Balai Sidang Jakarta Convention Center

Peserta pawai ini mulai dari sekolah dari tingkat TK hingga sekolah menengah atas, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, kenagarian, serta instansi dan BUMD yang ada di Kabupaten Solok.

Para peserta pawai ini pun mengenakan pakaian yang beragam dan memiliki keunikannya masing-masing. Ada yang memakai pakaian adat daerah, pakaian militer dan banyak ragam jenis pakaian yang memperlihatkan heterogennya budaya di Indonesia.


Selain itu, juga terdapat iring-iringan mobil hias dari OPD yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok. Mobil-mobil tersebut dihias sedemikian rupa dengan atribut khas yang melambangkan tupoksi masing-masing OPD.
“Kami senang sekali ikut pawai memperingati HUT kenerdekaan RI tang ke 77 kali ini, setelah lama tidak ikut pawai,” tutur Adisty, salah seorang siswi kelas VII di SMPN 3 Gunung Talang.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Hadiri Gerakan Penanaman 10 Juta Pohon Bersama POLRI di Wilayah Hukum Polres Solok


Kemeriahan pawai ini juga ditunjukkan oleh antusiasme masyarakat yang hadir menyaksikan jalannya acara. Petugas lalu lintas dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan pun diterjunkan untuk memastikan lalu lintas tetap berjalan sepanjang acara.

Jalur lalu lintas menuju Kantor Bupati ditutup dan diarahkan mnuju jalan baru menuju Pintu Angin.
Selepas pawai Bupati Solok memberikan bantuan pemerintah berupa beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu serta untuk bayi dan balita yang lahir pada tanggal 17 Agustus, bantuan yang diberikan berupa tabungan melalui Bank Nagari sejumlah Rp. 2.000.000.


“Semoga semangat dari pawai kali ini bisa meumbuhkan seangat cinta tanah air bagi generasi muda penerus bangsa,” ucap Bupati Solok, H. Epardi Asda (wandy/vivo/marsil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.