Pawai Alegoris di Kabupaten Solok Berjalan Semarak dan Meriah

0
1663

SOLOK, JN-Pawai Alegoris dan pawai pembangunan yang diselenggarakan di Kabupaten Solok dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-72, berlangsung sangat meriah.

 

Pawai yang diikuti oleh seluruh sekolah dengan berbagai antraksi dan pakaian daerah serta kendaraan hias dari seluruh dinas dan instansi yang ada di Kabupaten Solok, berlangsung hari Selasa siang (15/8), yang dimulai dari Sungai Rotan dan Finish di depan Simpang Tugu Nagari Cupak.  Pawai dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal dt Rajo Lelo, SE, MM, dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aswirman, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Dua Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin, SH, M.Hum dan Septrismen Sutan Putih, Sekwan, Siis, SP, para Kepala OPD di Kabupaten Solok, unsur Forkompinda, perwakilan nagari, niniek mamak, isntansi pemerintah dan Swasta, BUMN/BUMD dan lainnya.

Pawai berlangsung sangat meriah karena diikuti ribuan peserta pawai dan masyarakat serta kalangan PNS yang ada di Kabupaten Solok. Hampir seluruh Dinas memaparkan program kerjanya pada setiap masyarakat sepanjang jalan yang dilintasi. Seperti contoh Dinas Dukcapil akan mensosialisasikan program kerja di Dinas Kependudukan tersebut. Sementara setiap sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga SMA sederajat, juga tidak kalah hebatnya memeriahkan HUT kemerdakaan RI ke-72 dengan menampilkan berbagai pakaian adat asli Indonesia dan juga pakaian seragam yang berwarna warni. Sementara nagari, seperti nagari Jawi-Jawi Guguk, menampilkan Alek Babako Ma Anta Cogok dan lainnya.

“Saya melihat gezah peringatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun 2017 ini jauh lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan yang ditampilkan sangat bervariasi dan menghibur sekaligus semarak,” jelas Kepala Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinlais Kobal, SE, MM. Namun dari sekian banyak peserta pawai, pasang mata tertuju kepada penampilan dari SMP 3 Gunung Talang yang menampilkan aneka pakaian adat dari 34 Provinsi di Indonesia dan mengambil tema, “Dengan semangat kemerdekaan mari bersatu dalam kebersamaan, meskipun beragam budaya tetapi tetap satu dalam NKRI.

“Ini benar-benar kreatif dan sangat menarik sekali pawai ini serta bisa menanamkan rasa kebangsaan yang tinggiu dikalangan genearsi penerus bangsa,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrsimen yang diamini rekannya Yondri Samin.

Sementara Bupati Solok,. H. Gusmal berharap agar pawai Alegoris ini bisa mengambarkan berbagai instansi yang ada di Kabupaten Solok, baik itu swasta ataupun negeri. Bahkan dari dinas dan instansi, juga menampilkan kendaraan hias dan menjelaskan fungsi lembaga tersebut. “Alhamdulillah pawai ini bisa dijadikan ajang silaturrahmi dan memperkenalkan kepada generasi penerus bahwa kita bisa merebut kemerdekaan karena bersatu,” terang H. Gusmal (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here