Panti Asuhan Anak Syekh Muhammad Muhsin Sirukam Ludes Diamuk Sijago Merah

0
1018

SOLOK, JN- Musibah kebakaran kembali melanda bumi bareh Solok.

Hari Selasa pagi (23/7), sekira pukul 05. 15 Wib, api membumi hanguskan panti Asuhan Anak Syekh Muhammad Muhsin, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, yang berada dibawah Yayasan Nagari Kita (Yasrita).

Panti asuhan Syekh Muhammad Muhsin Nagari Sirukam, dengan penghuni sebanyak 26 orang yang terdiri dari pelajar SD dan SMP.

“Hingga saat ini penyebab kebakaran dan sumber api belum diktahui. Tetapi menurut anak-anak api berasal dari bawah tempat tidur penghuni panti yang sedang tertidur pulas, ” sebut Kasat Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Solok, Drs. Efriadi, MM.

Pihaknya menyebutkan bahwa saat mendapat laporan adanya kebakaran, pihak Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Solok langsung mengirim 3 unit mobil pemadam ke lokasi. Namun saat sampai di TKP, petugas pemadam hanya bisa memadamkan sisa-sisa api karena ruangan sudah ludes diamuk sijago merah.
“Api membakar begitu cepatnya dan kita dari Koto Baru atau unit terdekat paling cepat bisa mencapai lokasi sekitar 30 menit, ” sebut Efriadi, yang didampingi Kasi Pemadam Kebakaran, Khairul.

Pengasuh Panti Asuhan Syekh Muhammad Muhsin Sirukam, Afrianto, menyebutkan Bahwa ruangan yang terbakar sebanyak 4 ruangan yang terdiri dari ruangan asrama, dan seluruh mobiler ruangan dan flapon juga hangus, kuda bangunan masih utuh.

“Semua pakaian anak-anak panti dan 11 kasur, hangus terbakar dan hanya tinggal yang melekat dibadan saja, karena saat kejadian api langsung membesar dan tidak ada yang bisa diselamatkan, ” sebut Afrianto, yang didampingi Walinagari Sirukam, Yulita Amril.
Sedangkan kerugian akibat kebakaran ditaksir sekitar Rp 75 juta.

Pihak Yayasan Nagari Kita (Yasrita) Panti asuhan Syekh Muhammad Muhsin Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki, juga berharap akan ada bantuan untuk panti dan kebutuhan anak-anak.

“Semoga ada dermawan yang mau menyumbang untuk kebutuhan anak-anak karena itu sangat mendesak, ” sebut Afrianto.
Siangnya, usai kebakaran Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, mengunjungi lokasi kebakaran bersama Kadis Sosial, Yandra Prasat dan beberapa orang Dinas BPBD Kabupaten Solo (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here