Pabrik Aqua Solok Raih Penghargaan Gold Kategori Air Bersih dan Sanitasi Layak

0
159

SOLOK, JN- Perusahaan air minum dalam kemasan, yakni PT. Tirta Investama, Pabrik Aqua Solok, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, meraih Penghargaan GOLD utk kategori SDGs 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak) Program CSR Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dalam ajang Indonesia Sustainability Development Award 2019 baru-baru ini.

Program Indonesia Sustainability Development Award ini, sudah berjalan dari tahun 2016 dimulai dari dukungan dan pembangunan sarana STBM di Dusun V Jorong Kayu Aro, Tahun 2017 di Dusun Andaleh Jorong Kayu Jao hingga Tahun 2018 – 2019 di Dusun Jariang Jorong Kayu Jao dan Dusun Rawang Jorong Lubuk Selasih dengan target semua dusun dan jorong di Nagari Batang Barus bebas Buang Air Besar Sembarangan, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Kodim 0309, dan unsur Muspika.

Acara ini diselenggarakan oleh Corporate Forum Community Development, Jakarta pada 6 September 2019 kemaren.

Sementara Perusahaan yang turut berpartisipasi dalam ISDA 2019 ini adalah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, minyak dan gas, listrik, perbankan, otomotif, pupuk, air minum dalam kemasan dan lainnya.

Stakeholder Relation Aqua Solok, Azra’i didampingi oleh CSR Coordinator Aqua Solok, Jon Betrit menyampaikan bahwa
Aqua Pabrik Solok dalam melakukan kegiatan CSR bermitra dengan PKBI Sumatera Barat untuk program WASH dan STBM.
“Kemitraan ini diharapkan akan memberikan manfaat yang seluas-luasnya guna tercapainya kesejahteraan, khususnya masyarakat Nagari Batang Barus,” sebut Azra’i yang juga diamini Jon Betrit dari perwakilan pabrik.

Disebutkannya, sebagai salah satu bentuk komitmen terhadap masyarakat dan juga untuk mendukung target program pemerintah untuk mencapai 100% Universal Access pada 2019, AQUA berkontribusi meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat dengan menjalankan program Water Access, Sanitation and Hygiene (WASH)/Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan.

Dengan menjalankan program WASH, AQUA meyakini bahwa setiap individu memiliki hak atas akses air bersih untuk membentuk generasi yang sehat sehingga memiliki daya saing bangsa yang lebih baik. Komitmen untuk berkontribusi pada pencapaian Universal Access ini juga sejalan dengan komitmen ganda Danone (dual commitment) yaitu memastikan keberlanjutan bisnis dan berkontribusi pada kemajuan sosial dan lingkungan yang diterjemahkan AQUA Grup dalam payung inisiatif keberlanjutan, AQUA Lestari”.

Program WASH didasarkan pada hasil pemetaan sosial dan lingkungan, analisis kebutuhan masyarakat dan data nasional terkait tingkat akses air bersih dan sanitasi di daerah-daerah di Indonesia. Dengan informasi tersebut, maka dilakukanlah kajian sosial dan teknis pada daerah sasaran program dengan turut melibatkan masyarakat yang ada dan melalui diskusi bersama Pemerintah Setempat, Sekolah, Karang Taruna, PKK dan Puskesmas.

“Alhamdulillah program CSR Aqua yang bermitra dengan PKBI Sumatera Barat untuk program WASH dan STBM di Batang Barus berjalan dengan baik, ” jelas Jon Betrit, CSR Coordinator Aqua Solok (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda