Nagari Aripan Gelar Acara Baralek Gadang

0
1232

SOLOK, JN- Pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Wali Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak,  Kabupaten Solok pada hari Sabtu (23/6), dengan cara menggelar alek nagari serta mengundang para pejabat tinggi yang ada di Kabupaten Solok dan nagari sekitar.

Acara baralek gadang dilangsungkanbertempat di halaman kantor KAN Aripan, dengan dihadiri Wakil bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Sekwan DPRD kabupaten Solok, Siis, SP, Sekretaris Dinkes, Zul Hendri, Camat X Koto Singkarak, Drs. Syahrial, MM, para walinagari di Kecamatan X Koto Singkarak dan kecamatan Xkoto diatas, Para perantau, tokoh masyarakat dan bundokanduang nagari Aripan serta undangan lainnya.

 

Menurut Ketua pelaksana acara, tujuan kegiatan  ini untuk menjalin silaturahmi antar anak nagari Aripan yang itu dengan melaksanakan kegiatan yang disebut Alek nagari dan pengukuhan perangkat KAN Aripan. Sementara dana kegiatan ini diperoleh dari partisipasi masyarakat di nagari dan para peran dari perantau.

 

Sementara Walinagari Aripan, Irwan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran undangan, termasuk Bapak wakil bupati Solok beserta rombongan di nagari Aripan. “Dengan kehadiran Bapak Wakil Bupati, kami atas nama pemerintahan nagari dan masyarakat Aripan, memohon kepada Bapak agar memperhatikan jalan ke Nagari kami ini, karena sudah banyak yang rusak,” jelas Irwan.

 

Sedangkan salah seorang tokoh perantau Nagari Aripan, Joni Jalubir, SH dalam sambutan mengatakan bahwa dengan dilaksanakan forum silaturahmi anak nagari ini, kami Masyarakat perantau mengharapkan untuk dapat meningkatkan silaturahmi ini. “Diharapkan kepada walinagari, agar kembali menghidupkan pasar kita, tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nagari,” jelas Joni Jalubir. Selain itu Joni juga meminta agar pengelolaan lokasi wisata juga lebih profesional di aripan karena bisa menjadi pemasukan asli nagari.

 

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada walinagari dan KAN  yang baru dikukuhkan, yang sudah mengabdi di kampung halaman ini dari kapten kapal menjadi wali nagari terpilih. “Mudah-mudahan untuk yang masa datang kita bersama-sama memperbaiki jalan, mengembangkan objek wisata dan pasar rakyat.

Dan diharapakan kepada kita semua, untuk jauihi narkoba dan LGBT yang mulai marak di daerah kita,” jelas Yulfadri Nurdin (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here