Mubes S3 Akan Digelar di Arosuka 7-8 April 2017

0
1711

SOLOK, JN–  Para tokoh perantau Minang Asal Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Kota Solok, atauyang tergabung dalam perantau Solok Saiyo Sakato (S3), rencananya hari Jum’at ini  tanggal 7 hingga 8 April 2017, akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes S3), bertempat di Gedung Pelangi Kantor Bupati Solok.

Kabag Humas Kabupaten Solok, Devi Pribadi menyebutkan bahwa Mubes S3 ini akan diikuti oleh Ketua S3, Marwan Paris dan Tiga Pimpinan Daerah dari kota Solok, Solok Selatan dan Kabupaten Solok. Selain itu juga akan dihadiri tokoh nasional asal Ranah Minang. “Acara S3 ini akan diselenggarakan dua hari, Jum’at dan Sabtu, untuk membahas masalah-masalah sekitar S3 dan hal-hal yang dirasa perlu untuk membangun tiga daerah ini. Selain itu, pertemuan S3 ini juga dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Solok yang ke-104,” terang Devi Pribadi. Ditambahkannya, acara Mubes S3 juga akan dikuti oleh para tokoh asal Kabupaten Solok, KAN, BMN dan lainnya. “Mudah-mudahan acara besok berlangsung aman dan lancar dan bisa membawa perubahan untuk Kabupaten Solok, bukan hanya sekedar pertemuan biasa saja tanpa ada solusi untuk membangun Solok Raya ini,” terang tokoh Masyarakat Kabupaten Solok, Marah Baganti.

Seperti diketahui, S3 adalah suatu organisasi para perantau Minangkabau yang berasal dari tiga daerah tingkat II yang punya kemiripan budaya dan sejarah serta hubungan emosi/kekerabatan, yaitu Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan.

Ide awal pembentukan S3 bermula pada tahun 1984 dan pada tahun itu juga langsung diadakan Musyawarah Besar (Mubes) dalam tingkat lokal. Sedangkan Musyawarah Besar Nasional yang pertama dilaksanakan pada tanggal 7-8 Januari 2009 di Gedung Nasional Muaro Labuah, Solok Selatan.

Solok Saiyo Sakato terdiri dari beberapa organisasi perantau yang berasal dari nagari dari tiga daerah seperti  PWKOS (Persatuan Warga Kota Solok), SAS (Sulit Air Sepakat)

KWARTAB (Kerukunan Warga Tanjung Balit), IKKa (Ikatan Keluarga Kacang, IKTAS (Ikatan Keluarga Talang Sekitarnya), IKC (Ikatan Keluarga Cupak), IKASMA (Ikatan Keluarga Alahan Panjang, Surian, Muaro Labuah), IKKOS (Ikatan Keluarga Koto Sani), IPGS (Ikatan Perantau Guguak Solok), KWKS (Kerukunan Warga Kinari Sekitarnya), IKLS (Ikatan Keluarga Lembang Jaya Sekitarnya) dan beberpa ikatan perantau lainnya dari tiga daerah tersebut (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here