Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Solok ke-104: Festival 4 Danau Ditabuh di Dermaga Singkarak

0
892

 

SOLOK, JN–Dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok yang ke-104 yang puncak acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2017 mendatang, Pemkab Solok menggelar Festival 4 Danau dan dibuka Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, bertempat di Dermaga Danau Singkarak, Sabtu (25/3).

Acara pembukaan berlangsung meriah dan sukses dengan dihadri ribuan masyarakat pengnjung dan juga para SKPD dan anggota DPRD Kabupaten Solok. Selain itu tampak hadir Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Plt sekda Kabupaten Solok, Edisar, SH, M. Hum, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal. SH, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Manajer PTPN VI Unit Usaha Danau Kembar : Ereskayanto, SP, MM, Ketua PAT PKP UNAND, Prof. Dr. Irfansuliansyah, Ketua ASITA Prov Sumbar, Ian Hanafiah, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Hj. Deviany, MM, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra, SE, M.Si, Unsur Forkopimda Kabupaten Solok, Seluruh OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Solok beserta undangan yang hadir.

 

 

 

Acara Festival 4 Danau yang bertajuk pariwisata ini, sungguh sangat berhasil memukau ribuan pengunjung yang memadati Dermaga Singkarak yang merupakan Danau terbesar di Sumbar.

Kadis Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra dalam laporannya menyampaikan bahwa acara Festival 4 Danau tersebut dilaksanakan selama tujuh hari berturut-turut, yang dibuka pada hari Sabtu 25 Meret 2017 dan direncanakan akan ditutup Jum’at depan tanggal 31 Maret 2017. Acara Festival 4 Danau akan diisi dengan berbagai penampolan seni anak nagari serta perlombaaan yang pada prinsipnya dalam rangka mengeksploitasi kekayaan wisata dan kuliner Kabupaten Solok, dengan harapan bisa mampu mengangkat citra pariwisata Kabupaten Solok kedepannya. “Mudah-mudahan dengan adanya acara ini seluruh potensi wisata yang ada di Kabupaten Solok, baik alamnya maupun kesenian anak nagarinya bisa bangkit,” jelas Yandra, dihadapan Bupati dan undangan yang hadir.

Pembukaan Festival tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan pembukaan tirai icon Solok Ragency oleh Bupati, Wakil Bupati Solok didampingi Ketua PKK dan GOW, Sekda, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata serta Forkompinda. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh kehadiran artis minang Yen Rustam dan penampilan randai dari ASKI Padang Panjang serta berbagai kesenian daerah Kabupaten Solok lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Solok menyampaikan bahwa tepat pada tanggal 9 April 2017 mendatang genap sudah umur Kabupaten Solok 104 tahun, tentunya dengan angka yang tersebut seharusnya menunjukan kematangan daerah ini dari segala bidang dan aspek pembangunan. “Usia 104 Tahun bukanlah usia muda dan lebih tua dari negara ini. Namun kita sadari bahwa belum semua sektor yang bisa kita sukseskan di Kabupaten Solok. Mudah-mudhan kedepannya kita akan lebih sukses dan baik dari Kabupaten yang ada di Sumbar,” jelas H. Gusmal. Meski usia Kabupaten Solok sudah mencapai lebih dari seratus tahun, namun Kabupaten Solok baru pertama kali memperingati hari jadinya pada tahun 2010 lalu, tepatnya pada ulang tahun yang ke 97 tahun. Dan pada peringatan hari jadi yang ke 104 ini, Gusmal ingin seluruh masyarakat merasakan gezahnya, dan benar-benar menjadi pesta rakyat. “Tahun lalu mungkin pesta HUT Kabupaten Solok hanya diperingati oleh kalangan SKPD dan DPRD saja. Tapi untuk tahun ini semua elemen masyarakat diharapkan bisa menikmatinya,” terang H. Gusmal. Bupati berharap agar event kepariwisataan seperti ini, mampu menjadi penarik wisata lokal maupun nasional dan internasional untuk mengunjungi Kabupaten Solok (ujang jarbat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here