Masyarakat Sariak-Sungai Abu Sampaikan Ucapan Terimakasih Kepada PT. SME dan Bupati Solok


SOLOK, JN- Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo dan  Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, menyampaikan  ucapan terimakasih kepada pihak PT. . Supraco Mitra Energi (SME) dan Bupati Solok, karena sudah menepati janjinya untuk perbaikan jalan yang rusak.


Sebagai mana sering diberitakan, kondisi ruas jalan Sariak dan Sungai Abu rusak parah akibat aktifitas serta mobilisasi dari Pembangkit Listrik Tenaga Hidromikro (PLTM) Gumanti 3 di Nagari Sariak Alahan Tigo.

Jalan sepanjang lebih kurang 12 KM di Sariak Alahan Tigo dan Sungai Abu, mengalami rusak berat sehingga hal ini sangat mengganggu kelancaran serta aktivitas dan produktivitas bagi masyarakat dan pengguna jalan lainnya.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo, Syafrizal Dedi,  sejak PT. Supraco Mitra Energi memulai aktivitasnya pada tahun 2018 lalu, ruas jalan Sariak Alahan Tigo -Sungai Abu mengalami rusak parah dan hancur.
Menurutnya, sesuai perjanjian dengan PT. SME, bahwa kerusakan jalan yang diakibatkan oleh mobilisasi dari kegiatan PLTM Gumanti 3, maka akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan. 
Tetapi setelah waktu berjalan kurang lebih selama 3 tahun, pihak dari PT. SME seakan abai dengan kewajibannya untuk memperbaiki kembali ruas jalan Sariak Alahan Tigo -Sungai Abu.
“Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo sudah berkali-kali untuk meminta komitmen dari pihak perusahaan agar memenuhi kewajibannya dengan memperbaiki kembali ruas jalan yang rusak, namun pihak perusahaan tak kunjung untuk menanggapinya,” paparSyafrizal Dedi.

Baca Juga :
KPID Propinsi Sumbar Lakukan Talkshow di Radio Solinda Solok

Sebagai masyarakat yang butuh akan lancarnya jalur transportasi, Intan Sati bersama masyarakat disana tidak puas dengan segala upaya yang telah dilakukan agar jalan utama menuju ke kampung halaman mereka dapat segera diperbaiki, baik itu melalui Pemerintah Daerah maupun kepada pihak perusahaan itu sendiri.
Syafrizal Dedi. juga menyebutkan, selain dari akses utama menuju ke kampung halamannya, ruas jalan Sariak Alahan Tigo -Sungai Abu juga merupakan urat nadi perekonomian bagi masyarakat setempat. Segala aktivitas perekonomian masyarakat sangat bergantung kepada jalur transportasi yang representatif.
Tidak lama setelah pergantian Kepala Daerah, masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo kembali menyuarakan keluhannya untuk menepis janji manis dari pihak perusahaan.

Puncaknya, pada acara ‘Baralek Nagari’ Helat Nagari di Jorong Sianggai-Anggai yang dihadiri langsung oleh Bupati Solok pada tanggal 15 Juli 2022 lalu, masyarakat kembali menyampaikan lambatnya respon dari pihak PT. SME untuk perbaikan jalan disana.


Sontak saja seketika itu Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar menanggapi apa yang disampaikan masyarakat dengan menegaskan kepada pihak perusahaan agar segera memenuhi janjinya untuk kembali memperbaiki jalan yang sudah hancur akibat aktivitas dari perusahaan.
“Waktu itu Bapak Bupati menyampaikan kalau seandainya pihak perusahaan tidak menanggapi keluhan dari masyarakat, maka Pemkab Solok bersama dengan Tokoh masyarakat akan menyegel perusahaan tersebut,” papar Syafrizal Dedi.
Tidak butuh waktu lama, keinginan masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo terjawab sudah. Dengan ketegasan yang disampaikan oleh Bupati Solok, pihak dari PT. SME segera menanggapi apa yang disampaikan oleh Bupati Solok.
Dalam hitungan hari pihak dari PT. SME telah melakukan perbaikan ruas jalan Sariak Alahan Tigo -Sungai Abu.

Baca Juga :
Pemkab Solok Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Secara Virtual


“Alhamdulillah, saat ini sudah dilakukan perbaikan jalan (hot mix) dari arah Sariak Alahan Tigo menuju ke Talang Babungo sepanjang 8 KM, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutur Syafrizal Dedi.
Dengan telah dimulainya aktifitas perbaikan ruas jalan Sariak Alahan Tigo -Sungai Abu, masyarakat menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Bupati Solok dan pihak dari PT. SME.


“Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo bangga dengan sosok Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar, karna tidak hanya memberikan janji-janji manis, tapi terbukti berpihak kepada rakyat. Kita sangat apresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bupati Solok,” tutup Syafrizal Dedi (jn01/riko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.