Kota Solok Raih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah 2019

0
61

SOLOK, JN- Kota Solok berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno kepada Sekretaris Daerah Kota Solok, Rusdianto pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2020 di Hotel Pangeran Beach, Selasa (9/4).

Bappeda Provinsi Sumatera Barat telah menyelenggarakan Penilaian untuk PPD Tahun 2019 dari tanggal 20 s/d 24 Februari 2019 untuk Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

PPD 2019 ini mencakup penilaian atas dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Aspek kualitas dokumen RKPD ini juga dinilai keterkaitan antara dokumen perencanaan lain seperti RKP Nasional dan RPJMD Kabupaten/Kota yang sudah ditetapkan serta dokumen lain yang relevan.

Penilaian aspek pencapaian pembangunan memiliki bobot 40%, dengan indikator antara lain, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB perkapita, tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, indikator ketimpangan, pelayanan publik, pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas.

PPD merupakan kegiatan rutin dari Kementerian PPN/ Bappenas sejak Tahun 2012, sebelumnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik.

Tujuan penilaian ini adalah agar dokumen perencanaan pembangunan daerah lebih berkualitas, artinya perencanaan yang dilaksanakan dapat aplikatif sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku.(van)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda