Kemenag Kabupaten Solok Ingatkan Masyarakat Tentang Pentingnya Zakat Fitrah

0
392

SOLOK, JN- Memasuki hari-hari terakhir menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok H. Alizar kembali mengingatkan kita akan pentingnya Zakat Fitrah yang wajib dibayarkan oleh umat Islam paling lambat sebelum shalat Id pada 1 Syawal nanti.

“Jangan sampai kita terlena oleh kebutuhan dunia untuk menyemarakan lebaran, sementara yang wajib selaku umat Islam kita lalai yakni membayar zakat fitrah dan itu wajib bagi setiap jiwa yang beragama Islam,” jelas H. Alizar, Rabu (6/6) di ruang kerjanya.

H. Alizar mengutip surat Al A’la ayat 14-15 yang artinya “Sungguh berbahagialah orang yang mengeluarkan zakat (fitrahnya), menyebut nama Tuhannya (mengucap takbir) lalu ia mengerjakan sholat (idul fitri).” Pesan dari surat ini adalah untuk menyucikan diri atas dosa dan kesalahan yang diperbuat salah satunya dengan membayat Zakat Fitrah sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

Lebih lanjut H. Alizar menambahkan bahwa zakat diayarkan dalam bentuk beras dengan jumlah 3 1/3 liter atau bisa juga dibayarkan dengan uang setara dengan nilai beras tersebut. Adapun orang yang berhak menerima zakat atau Hasnaf yang delapan diutamakan orang terdekat dengan kita atau dilingkungan kita. Pembayaran dapat dilakukan langsung dengan melafaskan niat maupun melalui lembaga amil zakat. “Terserah kita mau bayar ke mana, kan kategori orang yang berhak menerima zakat juga sudah jelas,” sambung Alizar.

Disebutkan H. Alizar, besaran pembayaran zakat fitrah untuk daerah Solok berdasarkan harga beras dipasaran saat ini sebagai berikut ; kualitas satu setara Anak Daro / Sokan sebesar Rp. 32.000,-, kualitas dua setara randah Pulau sebesar Rp. 30.000 dan kualitas tiga setara Sari Baganti sebesar Rp. 28.000,-(wandy/humas kemenag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here