Keindahan Bukai Cambai Bak Surga Turun Dari Langit Ratusan Peserta Offroad Dari Seluruh Indonesia Jelajahi Wisata Baru di Kabupaten Solok

0
1022

 

SOLOK, JN-Para pengemar Adventure Offrad dari seluruh tanah air, melakukan penjelajahan di lokasi wisata, terutama untuk mengenalkan lokasi wisata baru di Sumatera Barat, untuk diperkenalkan kepada dunia luar, termasuk memperkenalkan lebih dekat wisata alam Kabupaten Solok, seperti wisata Panorama Bukit Cambai yang dari atasnya bisa terlihat jelas Empat Danau yang ada di sekitarnya. Empat danau yang tampak di puncak Bukit Cambai, yakni Danau Atas, Danau Bawah (Danau Kembar), Danau Singkarak dan Danau Talang. Sementara untuk empat gunung, yakni Gunung Singgalang, Talang, Merapi, dan Gunung Kerinci.

 

Untuk lintasan offroad di Kabupaten Solok, acara di buka di Jorong Rawang, Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, pada Minggu (16/4) dengan dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Para Kepala OPD se Sumatera Barat, Kepala OPD se Kabupaten Solok dan ratusan pengemar offroad yang datang dari seluruh tanah air. “Kegiatan seperti ini sangat membantu pemerintah untuk memperkenalkan destinasi wisata lokal yang belum terpromosikan secara optimal, sehingga belum dikenal oleh masyarakat luar Sumbar. Kita berharap keindahan Bukit Cambai di Solok ini, bisa menjadi wista Favorit di Sumbar karena keindahan alamnya sungguh mempesona,” jelas Bupati Solok, H. Gusmal yang diamini Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH . Disebutkan Bupati, dari lokasi Bukit Cambai, pengunjung bisa menyaksikan langsung keindahan 4 danau di Sumbar yang luar biasa serta pemandangan alam sekitarnya yang benar-benar bak surga turun dari langit. Bupati Gusmal juga berpesan kepada peserta offroad  luar Sumbar, yang telah melihat keindahan alam Sumbar, agar bisa menyampaikan ke rekan atau saudara untuk berkunung ke Solok Nan Indah.

 

Sementara menurut Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, para pengemar adventure mengikuti acara di Ranah Minang yang dikemas dalam bentuk West Sumatera Adventure Offroad (WSAO) dari Jawa dan Sumatera. Acara yang dilepas Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dari Istana Gubernuran, Padang, Jumat (14/4/2017) untuk menjelajahi jalur kawasan wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, dan Bukit Cambai Kabupaten Solok. “Tujuan acara ini untuk memperkenalkan wista baru di Solok dan percepatan pembangunan Jalan tembus Bayang-Solok yang keluar di kebun teh ini,” jelas Yulfadri Nurdin. Ditambahkan Yulfadri Nurdin, selain untuk mempromosikan wisata, kegiatan offroad ini juga bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan antar kabupaten/kota seperti Bayang menuju Solok.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, berharap agar peserta WSAO dan kelompok-kelompok pecinta olahraga ekstrem di Sumbar harus terus bersemangat menggelar kegiatan yang mendatangkan peserta dari luar daerah. Terlebih kegiatan yang dilaksanakan juga dipadukan dengan pariwisata, seperti adventure ke jalur destinasi wisata di Solok dan darah lainnya. “Yang jelas kita akan mendukung kegiatan ini dan pemerintah akan memberikan bantuan demi terlaksananya kegiatan olahraga masyarakat yang juga mengeksplorasi keindahan wisata daerah serta percepatan pembukaan jalan tembus Solok menuju Pesisir Selatan ini,” terang H. Irwan Prayitno.

Kegiatan offroad diikuti 97 mobil dengan 200 lebih peserta perwakilan dari klub yang ada di Sumbar, Sumut, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel, dan Jawa. Offroad yang dilaksanakan tanggal 14-16 April ini, dibagi dua kategori, yakni Ekstrem Offroad, dan Fun Offroad. Untuk Ekstrem Offroad diikuti 25 mobil, sedangkan Fun Offroad 72 mobil. Rute Fun Offroad hari pertama yakni dari Padang menuju Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan melalui jalur baru Sungai Pisang-Sungai Nyalo-Mandeh Pesisir Selatan. Hari berikutnya menjelajah rute Pantai Carocok Pesisir Selatan menuju Pasar Baru-Puncak Bulan-Bukit Gandum-Sarik Bayang. Pada hari  ini kegiatan kita adalah hari ketiga dari Alahan Panjang Solok-Bukit Cambai. Kalau untuk rute Ekstrem Offroad yakni dari Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan-Alahan Panjang Solok, yang baru dibuka (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here