Kapolsek Kubung AKP Afdimon: Pastikan Rumah Aman Sebelum Ditinggal

0
134

SOLOK, JN- Kapolsek Kubung, Kabupaten Solok, AKP Afdimon, SH, menghimbau warga yang tinggal di Komplek Perumahan dan Perumnas di Wilayah Kubung, untuk memastikan kondisi rumah aman sebelum ditinggal mudik saat libur lebaran Idul Fitri 1440 H ini.

“Kita meminta seluruh warga perumahan yang akan mudik, untuk memeriksa kembali kondisi rumah, apakah sudah terkunci dengan baik dan semua lampu dimatikan serta mencabut regulator atau saluran kompor gas, ” jelas AKP Afdimon, usai apel pagi bagi jajaran Mapolsek Kubung, bertempat di halaman Mapolsek Kubung, Sabtu (25/5).
Pihaknya juga meminta petugas Bimas dan Kanit untuk meninggkatkan patroli dan berkoordinasi dengan petugas Satpam di lokasi Perumahan.

“Bagi yang akan bepergian dengan kendaraan, pastikan kendaraan tersebut betul dalam keadaan sehat, agar di jalan tidak ada masalah ” pesan AKP Afdimon.

Kapolsek memerintahkan juga pada babhin agar minimal setiap sekali 3 jam melakukan patroli di wilayah yang sudah di petakan kurang aman.

Adapun tips aman meninggalkan rumah saat mau mudik lebaran menurut AKP Afdimon diantaranya adalah dengan cara matikan seluruh aliran listrik di rumah untuk mencegah potensi kebakaran akibat arus pendek listrik.

Selanjutnya jangan sampai lupa melepas regulator dari tabung gas elpiji dan memastikan tidak ada kebocoran sewaktu regulator dilepas.
Akan lebih aman lagi, jika warga yang akan mudik melakukan pengamanan ekstra pada ruangan tempat menyimpan barang berharga di rumah.

Selanjutnya, jika ada tetangga yang tidak mudik atau ada petugas keamanan, sebaiknya pemudik minta tolong ke mereka untuk membantu mengawasi rumah.
“Sebaiknya juga melapor kepada Ketua RT atau Walijorong setempat agar mengetahui mana saja perumahan yang banyak kosong ditinggal mudik guna meningkatkan patroli di wilayah setempat,” pesan AKP Afdimon

Apabila di kawasan perumahan terdapat tim keamanan tersendiri, menurut dia sebaiknya jumlah personel di setiap tim piket jaga ditambah. Atau bisa juga dari tiga jadwal tim jaga dibuat menjadi dua dengan alokasi personel lebih banyak.

“Dengan begitu, warga akan merasa lebih aman saat meninggalkan rumah mereka. Potensi kejahatan maupun bencana pada rumah warga yang ditinggalkan juga dapat diminimalisir,” pungkas AKP Afdimon (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda