Jalan Evakuasi Arosuka Bukit Sileh Hampir Rampung

0
1760
SOLOK, JN- Jalan Evakuasi dari depan kantor Bupati Solok atau Simpang Tugu Ayam di kecamatan Gunung Talang  menuju nagari Bukit Sileh di kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok, dalam waktu dekat ini akan segera direalisasikan. Jalan sepanjang 12 Kilometer tersebut, selain berfungsi untuk evakuasi bencana alam Gunung Talang, juga akan memperpendek jarak tempuh dari Arosuka menuju nagari Bukit Sileh dan juga mau ke kecamatan Tigo Lurah.
              Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPR KPP) Kabupaten Solok, Deni Prihatni, ST, pembangunan jalan Evakuasi dari Simpang Tugu Ayam Arosuka menuju nagari Bukit Sileh, yang dikerjakan tahun 2017 ini dengan menggunakan dana APBN dan APBD Sumbar, sebesar lebih kurang Rp 12 Milyar hampir rampung dan tinggal beberapa ruas saja yang masih kurang bagus namun kendraan sudah bisa melintas di sana. Dengan adanya  jalan Evakuasi tersebut, secara otomastis mempersingkat jarak dari Lembang Jaya menuju Ibukota KKabupaten Solok di Arosuka. “Jalur jalan dari Tugu Ayam menuju nagari Bukit Sileh ataau Batu Bajanjang ini akan memperdekat jarak nagari Bukit Sileh dengan Ibukota Kabupaten Solok di Arosuka, jalan tersebut juga berfungsi untuk jalur evakuasi bencana alam,” tutur Deni Prihatni, Rabu (27/12).
Ditambahkan Deni Prihatni, biasanya jarak tempuh dari Bukit Sileh menuju Arosuka paling cepat ditempuh dalam waktu 60 menit dengan terlebih dulu harus melalui nagari Batu Banyak, Koto Anau, Muara Panas, Cupak, Talang, Guguk dan Sukarami, maka jika jalan tersebut terwujud bisa ditempuh paling lama 15 menit.
            Pembangunan jalan tersebut didanai dari BNPB Pusat atau dana APBN dengan sistim multiyer (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here