Solok Raya

Diakhir Masa Jabatan Gusmal: Pemkab Solok Terima Penghargaan Innovative Government Award 2020

×

Diakhir Masa Jabatan Gusmal: Pemkab Solok Terima Penghargaan Innovative Government Award 2020

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, menerima  Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 dari pemerintah pusat.


Pemberian penghargaan ini dibagi  dengan predikat Sangat Inovatif dan Inovatif yang dilakukan berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020 terhadap penerapan inovasi dilaksanakan oleh daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks inovasi daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak, yang berlangsung di Hotel Sulthan Jakarta, Jum’at 18 Desember 2020 lalu.

Penilaian indeks inovasi daerah tahun 2020 adalah bentuk apresiasi Pemerintah terhadap semangat dan daya upaya serta keberhasilan pemerintah daerah dalam  melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan cara-cara yang inovatif.
Adapun tingkat partisipasi kegiatan inovasi daerah pada Tahun 2020 ini adalah sebesar 89,3% atau 484 daerah.

Tampak hadir dalam penyerahan Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 tersebut antara lain Sekjen Kemendagri RI, Muhammad Hudori. Kepala Barenlitbang Kemendagri RI, Agus Fathoni, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pimpinan Tinggi Madya lingkup Kemendagri, Bupati dan Walikota penerima Penghargaan, Dewan Juri dan lembaga lainnya.

Pemerintah Provinsi yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 34 daerah atau 100%, kemudian pemerintah daerah kabupaten sebanyak 360 daerah atau 86,7% dan pemerintah kota sebanyak 90 daerah atau 96,7% dengan jumlah inovasi yang terlaporkan banyak 14.897 inovasi atau meningkat sebesar 85 persen dari tahun sebelumnya Tahun 2019 yakni sebesar 8014 inovasi,” jelasnya.
Setelah melakukan tahapan inputing data, tahapan penjaringan tahapan pengisian melalui online kemudian dilakukan tahapan validasi data, melalui pencocokan dan analisis data yang dilakukan oleh pemerintah daerah, validasi dimulai pada tanggal 22 September 2020 hingga 21 Oktober 2020 dengan hasil sebagai berikut:
Sebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota.
Sebanyak 44 pemerintah daerah dengan predikat inovatif yang terdiri dari 3 provinsi, 30 kabupaten dan 11 kota.Sebanyak 245 pemerintah daerah dengan kategori kuang inovatif yang terdiri dari 10 provinsi, 199 kabupaten dan 36 kota.
Sebanyak 58 pemerintah daerah dengan kategori tidak dapat dinilai atau disclaimer yang terdiri dari 55 kabupaten dan 3 kota karena tidak melakukan inputing data.
Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Solok menerima penghargaan ini dengan Predikat Sangat Inovatif.

Baca Juga :
Satpol PP Kabupaten Solok Akan  Tertibkan APS Berbentuk APK
Baca Juga :
Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo Pimpin Sertijab Kasat Intelkam 


Kegiatan pelaksanaan pengukuran indeks inovasi daerah ini mengikutsertakan 15 dewan juri dari Kementerian/Lembaga, media dan juga dari berbagai instansi ataupun lembaga yang kredibel.
Bupati Solok H.Gusmal, SE.,MM, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kemendagri dibawah pimpinan Bapak Tito Karnavian yang telah memberikan penghargaan kepada Kabupaten Solok sebagai Kabupaten yang sangat inovatif.
“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada segenap Aparatur pemerintahan Kab Solok mulai dari Sekda, kepala SKPD dan seluruh staf yang sudah bekerja keras dalam membangun pemerintahan yang berbasis elektronik di Kabupaten Solok,” tutur H. Gusmal.


Bupati juga berharap untuk kedepannya Pemerintah Daerah Kabupaten Solok akan menjadi kabupaten terbaik dalam melaksanakan pemerintahan berbasis elektronik, dan setiap kepala SKPD dapat menciptakan inovasi baru dalam rangka mempermudah pelayan kepada masyarakat.
 Bupati Gusmal juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok atas dukungan,sumbangan pikiran dan kerja samanya selama ini dalam membangun kabupaten solok menjadi kabupaten terbaik terutama dalam melaksanakan pemerintahan berbasis elektronik.


“Ini adalah penghargaan termanis di akhir tahun 2020 yang diraih oleh Pemerintah KabupatenSolok. Semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik lagi untuk Kabupaten Solok,” ujar H. Gusmal. (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.