Calon Jemaah Haji Kabupaten Solok Tahun 1441 H Gelar Silaturrahmi Dengan Pemerintah Daerah

0
122

SOLOK, JN- Bupati Solok ysng diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Mulyadi Marcos, SE, MM, hari Kamis (16/1), menghadiri pertemuan awal dengan Calon Jemaah Haji Kabupaten Solok Tahun 1441 H -2020 M, bertempat di Aula Kemenag Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada pertemuan tersebut Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Mulyadi Marcos, SE, MM, Kakan Kemenag, H. Alizar, Kasubag Aministrasi Pembinaan Mental dan Spritual Bagian Kesra, H.Edmizal,SE, para Kepala KUA se Kabupaten Solok, Pimpina KBIH Kabupaten Solok, Perwakilan Bank terkait, serta para Jemaah Calon Haji Kabupaten Solok.

Ketua Panitia pelaksana acara, H

Alizar, dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk penataan ulang terhadap calon jemaah haji yang nomor porsinya masuk dalam quota tahun 2020 berdasarkan estimasi yang telah ditetapkan dari pusat.

“Selain itu tujuan pertemuan ini juga untuk memberikan informasi terkait dengan persiapan administrasi dan dokumentasi lainya seperti pasport, pemeriksaan kesehatan dan lainnya, ” terang H. Alizar. Sementara Jumlah calon jemaah haji Kabupaten Solok untuk tahun 1441 H-2020 M, berjumlah sebanyak 189 orang yang terdiri dari kecamatan Kubung 64 orang, kecamtan X Koto Singkarak 19 orang, kecamtan Bukit Sundi 16 orang, Kecamatan Lembah Gumanti 23 orang, kecamatan Gunung Talang 29 orang, Kecamatan X koto Diatas 10 orang, kecamatan Hiliran Gumanti 8 orang, kecamatan Pantai Cermin 9 orang, kecamatan Danau Kembar 2 orang dan Kecamatan Junjung Siriah 10 orang.

“Untuk penerbitan pasport dan visa maka setiap calon jemaah diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan administrasi berupa KTP, KK, Akte Kelahiran, Ijazah dan surat nikah,” sebut H. Alizar. Selanjutnya untuk pembinaan manasik mandiri dilaksanakan oleh KBIH yang ada di Kabupaten Solok dan telah memiliki izin operasional dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinnsi Sumbar. Pembinaan manasik dengan operasional penyelenggaraan akan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan dengan perincian 8 kali dikecamatan dan 2 kali di Kabupaten.

“Setiap calon jemaah haji wajib mendapatkan istita’ah kesehatan dari tim kesehatan haji kabupaten solok sebelummelakukan pelunasan BPIH yang mana pelaksanaan tes kesehatan dilakukan di puskesmas dan RSUD terdekat selain itu juga wajib melaksanankan tes kebugaran haji minimal 2 kali,” sebut H. Alizar.

Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Mulyadi Marcos, SE, MM, dalam arahannya mengucapan Selamat Kepada bapak/ibu yang sudah mendapatkan porsi untuk calon jemaah haji Kabupaten Solok tahun 1441 H -2020 M. “Saya berharap calon jemaah haji Kabupaten Solok untuk dapat mengikuti bimbingan manasik dengan baik dan serius dan aga selalu kondisi kesehatan mulai dari sekarang,bila ada riwayat penyakit segera konsultasikan pada tim kesehatan maupun rumah sakit terdekat,” sebut Mulyadi Marcos.

Mulyadi juga berpesan agar jemaah memasang niat yang baik dari sekarang dan peliharalah kekompakan dan kerjaama dengan sesama jemaah.

“Berusahalah menambah ilmu baik melalui bacaan, tontonan maupun media sosial lainya yang menyangkut dengan masalah haji,” harap Mulyadi Marcos (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda