Bupati Tutup Kegiatan Perkemahan Pramuka Kwartir Cabang 0302 Kabupaten Solok

0
1306

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, menutup secara resmi kegiatan raimuna cabang tingkat SLTA Kwartir Cabang 0302 Gerakan Pramuka se Kabupaten Solok Tahun  2017, bertempat di Lapangan parkir kantor Bupati Kabupaten Solok, Minggu pagi (16/4). Kegiatan perkemahan pramuka ini dibuka oleh Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH pada Jum’at tanggal 14 April lalu.

Menurut ketua panitia pelaksana,  Aria witra, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk bahan evaluasi, keterampilan dan pengetahuan peserta, khususnya pelajar SMA,SMK/MA se Kabupaten Solok, sekaligus sebagai seleksi tahap awal untuk kontingen Kuartir Cabang 0302 Gerakan Pramuka Kabupaten Solok yang akan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional Agustus 2017 mendatang. Sementara peserta kegiatan ini terdiri dari utusan gugus depan pramuka penegak se Kabupaten Solok dengan rincian, pembina pendamping sebanyak 54 orang, peserta putra sebanyak 216 orang, peserta putri sebnyak 208 orang, peserta peninjauan dan lain-lain  sebnyak 123 orang dengan jumlah total jumlah sebanyak 591 orang. “Kegiatan yang dilaksanakan berbentuk pengenalan dan lomba-lomba sebagai materi  seperti tapak perkemahan semboyan dan isyarat, PBB, planeering, penjelajahan, MSQ, pidato dan paduan suara,” jelas Aria Witra. Kegiatan ini menurutnya diberi nama dengan Kegiatan Raimuna Cabang Tahun 2017.

 

Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh peserta dan panitia yang sudah sukses menggelar acara perkemahan yang dilangsungkan tiga hari dua malam itu. “Kegiatan kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis. Dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya untuk pembentukan watak / karakter pribadi. Semoga acara ini bermanfaat buat pendidikan pribadi adik-adik dan kakak-kakak pembina,” jelas H. Gusmal. Disebutkan Bupati, kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan, yang dititik beratkan pada pembinaan dan perkembangan jiwa peserta didik di masing-masing golongan. Bupati juga merasa bangga dengan Kwartir Cabang 0302 Gerakan Pramuka Kabupaten Solok dalam memberikan pendidikan dan pembinaan serta saling komunikasinya para anggota prmauka Kwartir Cabang 0302 Solok. “Kita akan memberikan keleluasaan dan kesempatan kepada pramuka penegak agar tumbuh daya ciptanya atau kreatif berkembang kecakapannya untuk mengelola organisasi,” terang H. Gusmal. Kegiatan Raimuna Cabang kali ini juga merupakan sebagai seleksi tahap awal peserta Raimuna Nasional ke_ Xl kontingen kwartir cabang 0302 gerakan pramuka kabupaten solok menuju bumi perkemahan cibubur jakarta, yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 21 Agustus 2017 seleksi ini akan dilaksanakan dalam dua tahap, hingga akhirnya akan didapatkan sebanyak 12 peserta putra dan 12 peserta putri terpilih akan mewakili Kontingen Kwartir Cabang 0302 Gerakan pramuka kabupaten solok ke ajang Raimuna Nasional.

Usai memberikan arahan, Bupati langsung memberikan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan selama perkemahan. Hadir pada acara tersebut Kadisdikpora Kabupaten Solok, Syahru Efendi, ekretaris Kwartir Daerah 03 gerakan Pramuka Sumatra Barat,  Andri Yusran dan Kepala OPD lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here