Bupati Solok Laksanakan Salat Gerhana Matahari di Masjid Islamic Center

0
167

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Minggu (21/6), menggelar Salat Gerhana Matahari, bertempat di Masjid Islamic Center, Koto Baru.

Selain Bupati Solok H. Gusmal, tampak hadir pada acara tersebut Sekdakab Solok, Aswirman, Askor Eksbang Kesra Medison, Kepaka SKPD di lingkup Pemkab Solok, Kepala Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar dan Penceramah Jhoni Nasri dr Padang panjang serta Imam Fuadi Nawawi.
Pada kesempatan itu Bupati Solok, H. Gusmal menyebutkan bahwa pihaknya mengikuti salat gerhana dengan protokol kesehatan.
Bupati Solok yang datang paling awal dan menunggu jemaah untuk laksanakan Sholat Zuhur dan Sholat Gerhana Matahari dengan mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. 
“Saya sudah lama tidak sholat di Masjid Islamic Center koto baru dan saya merasa rindu dan gembira sekali untuk melaksanakan salat bersama dan berkumpul kembali seperti awalnya dengan masyarakat,” sebut H. Gusmal.
Dikatakannya, sekarang kita hidup tidak seperti dulu yang bebas sebisa kita. “Tetapi disaat pendemi mewabah kita harus hidup dengan cara baru/normal baru yang disebut dengan (new normal) sesuai anjuran pemerintah tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tambah Gusmal.
Sebelum memasuki Mesjid jamaah sudah menggunakan masker dan itu tertulis di pintu Mesjid. Mereka juga mencuci tangan dengan sabun yang sudah disiapkan.Jamaah menunaikan ibadah Salat Zuhur sebelum Salat Gerhana Matahari dengan mengatur jarak saat ibadah. Dan menghimbau menunaikan ibadah Salat Gerhana kepada jamaah yang hadir sebanyak dua rakaat.
Adapun imam Fuadi Nawawi dari kemenag dan khatib Jhoni Nasri dari Padang panjang. Dimana saat khutbahnya menyampaikan keutamaan dari Salat Gerhana. Dan dilanjutkan dengan berdoa.
Sebelumnya Kemenag Kabupaten Solok, H. Aluzar, memberi  apresiasi kepada Bupati Solok yang ikut melaksanakan salat gerhana matahari. “Sholat gerhana matahari ini sengaja tidak disebar luaskan kepada masyarakat. Kita melaksanakan sholat gerhana tetap melaksanakan anjuran pemerintah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” sebut H. Aluzar.
Pihaknya juga menjelaskan, bahwa gerhana matahari di Sumbar tepat pukul 14.03 Wib (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here