Bupati Luncurkan Mobil Keliling Layanan Dinas Kependudukan di Paninggahan

0
383

SOLOK, JN– Bupati Solok, H. Gusmal, Kamis lalu (11/1), meluncurkan keliling pelyanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok, bertempat di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Gusmal berpesan agar keberadaan mobil keliling itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk segala urusan kependudukan di nagari yang dikunjungi, seperti memudahkan masyarakat untuk melakukan rekam data KTP elektronik.

 

“Kalau biasanya masyarakat harus jauh-jauh ke Arosuka untuk membuat KTP dan lainnya, maka dengan adanya mobil keliling ini bisa memanfaatkan sebaik mungkin untuk urusan administasi kependudukan,” jelas H. Gusmal.

Bupati juga berharap agar KTP elektronik selain berguna sebagai kartu tanda penduduk, hendaknya bisa memiliki kegunaan ganda seperti ATM tau bayar listrik dan lainnya.

 

 

“Kalau memiliki kegunaan lain seperti kartu ATM, maka KTP elektronik bisa memudahkan untuk pembayaran seperti membayar pajak, pengambilan gaji bayar listrik, air dan lainnya,” jelas Gusmal. “Melalui mobil keliling ini diharapkan semua sudah memiliki KTP elektronik, agar nantinya saat pelaksanaan pemilu 2019 tidak ada yang tidak memiliki hak suara karena tidak memiliki KTP elektronik,” jelas Gusmal. Bupati Solok itu juga mengimbau masyarakat agar melaporkan kelahiran anak-anaknya dan melakukan pelaporan bagi anak yang belum memiliki akta kelahiran mulai dari usia 0 sampai 18 tahun ke mobil layanan.

Sementara kepada Wali Nagari, Bupati  juga berpesan agar dapat membantu tertib administrasi dengan melakukan pemutakhiran data penduduknya melalui verifikasi data target perekaman dan target akta kelahiran yang valid.

Sebelumnya Kadis Dukcapil Kabupaten Solok, Rahdiatul Hayat, melaporkan bahwa peluncuran pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan mobil keliling ini guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat agar tercipta tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Solok.

Ia menyebutkan dari jumlah penduduk Kabupaten Solok telah dilaksanakan perekaman sebesar 95,7 persen dari wajib KTP elektronik.

Dengan adanya mobil keliling ini, pada 2018 diharapkan dapat menuntaskan 100 persen perekaman dan penerbitan KTP elektronik di daerah tersebut, termasuk untuk masyarakat yang berumur 17 tahun pada 17 April 2019 sehingga dapat menyukseskan pelaksanaan pilpres dan pileg 2019 (wandy)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here