SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Sabtu (1/1), melepas bibit Ikan Nilem ke Danau Diatas, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut Kadis Perikanan dan Pangan, Ir. H. Admaizon, Kadis Kominfo Denny Prihatni, Kepala DPMN, Ferisnovel, Kepala Barenlitbang, Erizal, Kabag Humas, Syofiar Syam, Kabag KSD, Devi Pribadi, Camat Lembah Gumanti, Zaitul Ikhlas, dan tokoh Masyarakat setempat.

Kadis Perikanan dan Pangan, Ir. H. Admaizon, dalam laporannya menyebutkan bahwa benih ikan nilem ini merupaka bantuan dari DInas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar dan untuk tahap awal diberikan sebanyak 5000 bibit ikan nilem.

Sementara bantuan ini akan berlanjut tergantung keseriusan kelompok masyarakat pengawas yang mengelolanya. “Untuk saat ini sudah ada 6 kelompok masyuarakat pengawas yang disekitar Danau Diatas ini dan optinalkan aktivitas positif di Danau dan sekitarnya,” terang H. Admaizon.

Disebutkan Admaizon, pihaknya juga akan terus lakukan pembinaan untuk kelompok masyarakat pengawas kedepannya.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam sambutannya menghimbau agar
kita harus menjaga kelestarian potensi daerah kita terutama di Danau Diatas yang kita miliki.

“Mari awasi kelestarian ikan yang ada di Danau Diatas ini, serta awasi juga kegiatan-kegiatan yang berkemungkinan akan merusak ekosistem di danau dan
jaga kesatuan dan keharmonisan antar anggota kelompok,” harap H. Gusmal.

Bupati juga berpesan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kelompok dan masyarakat sekitar nantinya. “Pelihara danau dari kemungkinan pencemaran dan kerusakan ekosistem yang ada dan jaga, rawat serta pelihara bibit ikan yang di lepas,” pesan H. Gusmal.

Bupati juga berpesan agar warga sekitat secara bersama-sama memperbaiki kerusakan yang ada. “Kita juga akan tingkatkan gizi generasi muda dengan memaksimalkan konsumsi ikan yang lebih banyak lagi. Semoga nantinya ikan yang dilepas bisa berkembang biak dan bisa memenuhi gizi masyarakat, ” cetus Gusmal.
Bupati juga meminta pemerintah nagari untuk merancang peraturan nagari mengenai pengelolaan Danau Diatas.

“Semoga kelestarian Danau tetap kita jaga dan jauh dari pencemaran, ” harap Gusmal (01/wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here