Bupati Gusmal Hadiri Rapat Kesepakatan TP PKK Kabupaten Solok

0
217

SOLOK, JN-Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, menghadiri Rapat Kesepakatan TP PKK Kabupaten Solok, bertempat di Guest House, Arosuka, Kamis (29/8).

Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut, Ketua TP- PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Desnadevi Gusmal, SH, Sekda Kabupaten Solok, H. Aswirman, SE. MM, Kepala OPD Beserta Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, para Ibu Camat beserta Kader Kecamatan Dan Nagari se Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Kadis DPPKBP3A Kabupaten Solok, Zulfahmi, dalam eksposnya menyampaikan bahwa rapat kesepakatan kesatuan Gerak PKK KB Kes tingkat kabupaten Solok, mengambil tema, “Kita Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera”.

Menurut Zulfahmi, rapat tersebut akan membahas kesiapa kesatuan gerak PKK KB Kesehatan, yang mana akan membehas target KB pria yang mana harus melebihi target. Selain itu Posyandu di setiap kecamatan dan setiap lomba harus dilengkapi laporan serta dibuat bersama KB, PKK dan rapat kesepakatan akan dilanjutkan pada tanggal 2 september 2019 di ruang Solok Nan Indah kantor Bupati Solok.

“Lomba KB Kesehatan ini akan dilaksanakan pada bulan November 2019, serta persiapan lomba IVA tes pada tahun 2020 yang akan di ikuti oleh kecamatan X koto Diatas untuk tingkat Provinsi,” sebut Zulfahmi.

Ketua TP- PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Desnadevi Gusmal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK bersama OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik formal maupun non formal.

“Dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat serta mendapatkan pengakuan yang luas sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat,” sebut Ny. Hj. Desnadevi Gusmal.

Dijelaskannya, dalam rapat kesepakatanya ini membahas target/ sasaran sampai dengan Desember 2019, pembentukan panitia dan persiapan pencanangan. Selanjutnya dilaksanakan Pencanangan PKK-KB-Kesehatan dengan dilakukan penilaian terlebih dahulu dalam masing-masing nagari oleh Tim Penilai Kecamatan dan dilanjutkan Penilaian oleh Tim Penilai Kabupaten dengan 4 Kategori yaitu, Pelaksana Terbaik KKG PKK-KB-Kesehatan, pelaksana Terbaik Posyandu, pelaksana Terbaik PHBS di RumahTangga, pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya menyampaikan bahwa pihaknya berharap Pelaksanaan PKK-KB-Kesehatan di Kabupaten Solok kepada anggota PKK untuk tidak bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan terutama kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan Kesehatan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan status gizi khususnya anak dan balita keluarga Pra KS dan KS I TP-PKK bersama Pemerintah.

“Kabupaten Solok bertekad untuk berperan aktif ditengah-tengah masyarakat dalam upaya untuk mencapai hasil yang maksimal melalui momentum Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan,” jelas H. Gusmal.

Ditambahkan Bupati, Pemerintah Kabupaten Solok dan seluruh OPD terkait beserta seluruh masyarakat sangat mendukung kegiatan KKG PKK-KB-Kes ini, karena melalui kesatuan gerak ini, semua bisa bersama-sama mensukseskan program PKK, KB dan Kesehatan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Saya berpesan agar semua target dan sasaran yang ditetapkan mengacu pada kondisi capaian rill dimasing-masing OPD,” sebut H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here