Bupati Gusmal Gelar Subuh Berjamaah di Masjid Raya Koto Baru

0
446

SOLOK, JN- Gerakan Subuh berjama’ah di Kabupaten Solok, saat ini mulai memasyarakat, meski hal itu belum baru dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Solok. Setiap Minggu, saat ini di Kabupaten Solok, masjid-masjid dan surau-surau mulai semarak, seiring himbauan pemerintah daerah setempat untuk meramikan masjid terutama pada waktu maghrib dan waktu Subuh.

Hampir setiap Minggu Bupati melakukan Shalat Subuh berjama’ah di masjid atau surau yang berbeda di nagari di Kabupaten Solok, tanpa memberi tahu kepada masyarakat setempat atau walinagari yang akan dikunjungi. “Alhamdulillah dalam satu bulan ini hasilnya mulai tampak, meski untuk memasyarakatkan subuh berjamaah dan maghrib mengaji ini sangat berat,” jelas Bupati Solok, H. Gusmal, Minggu (15/1). Bupati juga menjelaskan bahwa subuh berjamaah yang dilaksanakan pada Jum’at pagi di Masjid Raya Koto Baru, Kecamatan Kubung, tampak ramai diikuti umat muslim di daerah itu. “Ini sudah menandakan bahwa masyarakat mulai kembali keagama, meski arus technology terus menjadi hambatan,” jelas H. Gusmal.  Nagari Koto Baru merupakan pelopor 1000 Al Qur’an di Kabupaten Solok, dimana pemerintah nagarinya ingin menjadikan Koto Baru sebagai pilot project mensuksekan Maghrib Mengaji dan Subuh berjama’ah. “Kami Pemerintah Daerah sangat mendukung sekali program 1000 Al Qur’an ini. Kami yakin gerakan sebuh berjema’ah, Magrib Al Qur’an dan di topang dengan program 1000 Al Qur’an maka kita yakin  ini akan membuat masyarakat kita akan lebih semakin semarak lagi dalam rangka meningkatkan aqidah umat,” jelas H. Gusmal.

Sebelumnya Walinagari Koto Baru, Afrizal menyampaikan bahwa Pemerintah Nagari Koto Baru sudah bertekad untuk mensukseskan kegiatan subuh berjema’ah ini di setiap mesjid yang ada di nagari Koto Baru. “Mari kita bersama-sama dalam menggiatkan kembali membaca Al Qur’an. Dengan program 1000 Al Qur’an adalah sebagai salah satu penopang program pemerintah yaitu magrib Al Qur’an dan subuh berjemaah. Kepada masyarakat nagari Koto Baru agar dapat melaksanakan program tersebut,” jelas Afrizal.

Tampak hadir pada kegiatan Subuh berjama’ah ini adalah Bupati Solok, H. Gusmal, Wakil Bupati, Yulfadri nurdin, Ketua TP PKK Kab Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, Ketua GOW Kab Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala Kantor Kementrian Agama H. Kardinal, Asisten Koordinasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Suharmen, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi Dan Keuangan, Efriadi, Pj Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Staf ahli, Aliber Mulyadi, Kepala Dinas Koperasi, Nasripul Romika, Kepala Dinas Perhubungan, Dedi Permana, Kepala Dinas Pariwisata, Yandra, Kepala Dinas Sosial, Raflis, Kepala BPM, Medison, Kabag Kesra, Nofiarman, Kabag Humas, Devi Pribadi, Camat Kubung, Dafrizon serta seluruh masyarakat yang hadir (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda