Bupati Gusmal Buka Pelatihan MTU di Koto Baru: “Kabupaten Solok Butuh Tenaga Kerja Yang Punya SDM Bagus

0
789

 

SOLOK, JN-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, membuka pelatihan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan non institusional (MTU)  bagi pencari kerja, bertempat di Koto Baru, Kecamatan Kubung Jum’at (25/8).

Acara digelar di Kantor walinagari Koto Baru dengan dihadiri oleh Anggota DPRD Sumbar Mucklashin, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Nosa Eka Nanda, Kadis BKD, Kadis  Sosial  Raflis dan Kepala BPM Kabupaten Solok, Medison

Wali Nagari Koto Baru, Afrizal. K Malin Batuah dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan adalah pelatihan menjahit yang dimentori oleh BLK Padang Panjang dengan diikuti oleh 16 orang peserta dan bekerjasama dengan BUMNag Koto Baru. Sementara semua peserta berasal dari Nagari Koto Baru.  “Kami berharap agar BUMNag Koto Baru ini dapat berkembang, saat ini BUMNag Koto Baru telah ada konfeksi, akan kami kembangkan,” jelas Afrizal.

Semnetara perwakilan UPT BLK Padang Panjang menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan SDM untuk seluruh para peserta atau pencari Kerja.  “Kegiatan ini dilaksanakan selama 40 hari, dan pelaksanaan kegiatannya selama 8 jam perharinya dan semua bahan praktek disediakan,” jelasnya.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyebutkan bahwa pelatihannya ini adalah salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga masyarakat, dan berharap kepada para peserta setelah melaksanakan pelatihannya ini seluruh bisa lebih kreatif untuk mempraktekkannya di lingkungan masing masing.  “Mari melalui kegiatan pelatihan dan Kerja keras dari BMUNag Koto Baru diharapkan akan tumbuhnya usaha usaha rakyat yang memiliki daya saing di Kabupaten Solok khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya.,” jelas H. Gusmal. Disebutkan Bupati bahwa peningkatan SDM adalah persoalan utama kita, melalui kegiatan ini mudah mudahan akan tumbuh dan berkembangnya seluruh SDM masyarakat Nagari Koto Baru ini khususnya.

“Kabupaten Solok membutuhkan masyarakat yang berketerampilan untuk mendukung salah satu program Pemerintah yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here