Bupati Gusmal Buka Job Fair 2018 di Taman Hutan Kota Wisata Sukarami

0
794

SOLOK, JN– Untuk yang ketiga kalinya dalam tahun 2018 ini, Pemkab Solok melalui Dinas Penanamam Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Solok, akan membuka bursa atau lowongan kerja dari berbagai instansi baik pemerintah ataupun swasta yang ada di Sumatera Barat dan juga luar negeri.

Job Fair Tahap 3, dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, bertempat di Taman Hutan Kota Wisata (THKT) Sukarami, atau hanya berjarak 100 Meter dari Tugu Ayam Arosuka, pada Selasa (14/8).

Tampak hadir pada acara pembukaan Job Fair Tahap 3 ini antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumbar, Drs. Zudarmi, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman, Kepala Dinas PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Solok, Erizal, para Kepala SKPD se Kabupaten Solok, Kepala Pabrik PT. Tirta Investama Aqua Kayu Aro, Pimpinan Auto 2000 Padang, Kepala Cabang Toyota Astra Finance, Pimpinan BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Solok, unsure Pimpinan Forkompimda, para camat dan Walinagari se Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Solok, H. Gusmal menyebutkan bahwa saat ini jumlah penduduk Kabupaten Solok berjumlah sebanyak 368. 692 pada tahun 2017  dan terdapat 10.422 orang yang terdaftar yang masih mencari pekerjaan. “Kita di Kabupaten Solok ini sangat menyadari bahwa lulusan anak sekolah dan perguruan tinggi terus meningkat, sementara  lowongan kerja yang tersedia sangat rendah. Diharapkan, dengan adanya Job Fair ini, bisa membantu para pencari kerja untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Solok ini,” jelas H. Gusmal. Orang Nomor Satu di Kabupaten Solok ini, sangat berharap agar pencaker bisa menciptakan lowongan kerja  atau wirausaha melalui program kerja mandiri  untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau dengan cara berwiraswasta.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pengusaha serta instansi teknis yang sudah ikut berpartisipasi dalam meramaikan Job Fair ini. “Pemerintah Kabupaten Solok akan senantiasa berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berpihak pada usaha swastayang banyak menyerap tenaga kerja dan kami menjamin keamanan pihak investor yang berinvestasi di Kabupaten Solok agar merasa aman,” jelas Gusmal.

Sebelumnya Kepala Dinas PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Solok, Erizal, dalam laporannya menyebutkan bahwa Job Fair kali ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan di Kabupaten Solok tahun 2018. Sebelumnya pada HUT Kabupaten Solok yang ke-105 dan akhir Desember 2017 juga dilaksanakan Job Fair. “Job Fair ini dilaksanakan untuk memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan perusahaan yang akan menyerap tenaga kerja, khususnya yang ada di Kabupaten Solok dan Sumbar pada umumnya,” terang Erizal.

Pengadaan Job Fair ini, menurut Kepala Dinas Penanamam Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Solok, Erizal adalah untuk memberi peluang kerja kepada angkatan kerja yang ada di Kabupaten Solok yang setiap tahun terus meningkat jumlahnya. “Kita sangat peduli dengan pencari kerja yang terus meningkat setiap tahunnya terutama di Kabupaten Solok, sehingga mendorong Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Penanamam Modal, PTSP dan Tenaga Kerja untuk melakukan “jemput bola” dan bekerjasama dengan instansi dan perusahaan yang ada di Sumatra Barat dan Nasional dalam event Job Fair tahun 2018 tahap 3,” jelas Erizal. Dia menyebutkan, bahwa Event Job Fair tahun 2018 di Kabupaten Solok ini merupakan untuk yang ke 3 kalinya tahun ini dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Solok, diperkirakan ada sekitar 300 lowongan kerja yang tersedia dalam event Job fair tahun 2018 kali ini. Selain loker, acara juga akan diisi dengan pemeriksaan kendaran gratis dari Auto 2000 dan masyarakat bisa memanfatkan ini uji emisi secara gratis. “Job Fair digelar juga dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke 73 sekaligus membuka diri bagi pencari kerja untuk mendapatkan kesempatan berkarir sesuai bidang yang mereka inginkan,” jelas Erizal.

Sebelumnya Kepala Dinas PTSP dan Tenaga Kerja melalui Kabid Ketenagakaerjaan, Kabupaten Solok, Hendrianto, biasanya para pencari kerja harus pergi ke sana ke mari mendatangi perusahaan untuk melamar kerja. Namun sekarang,kita (Pemkab Solok) datangkan perusahaan yang akan merekrut karyawannya ke Kabupaten Solok ini untuk mempermudahnya. Tentu para pencari kerja, tinggal pilih peluang kerja yang ada sesuai basic dan kualifikasi yang di miliki.  Hendrianto juga berharap, event Job Fair tahun 2018 ini mampu menjadi wadah dalam menekan angka pengangguran khususnya di Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil beras dan markisa ini.

“Datangilah job fair ini beramai-ramai, mana tau pencaker yang cocok dengan loker yang tersedia,” jelas Hendrianto. Dia juga menambahkan bahwa Job Fair dibuka selama dua hari dan ditutup Rabu tanggal 15 Agustus 2018 (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here