Bupati Gusmal Buka Festival Rebana dan Kasidah Tingkat Kabupaten/kota Solok

0
1016
 
SOLOK, JN-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Minggu (2/7), membuka acara Festival Rabana dan Kasidah Tingkat Kabupaten Solok, bertempat di Mushalla Nurul Huda, Jorong Ujuang Ladang, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupatten Solok. Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut antara lain, Kadis perikanan, Kenedy Hamzah, Kepala Kesbangpol, Junaidi. Sekretaris Dewan DPRD Solok, Si is, SP, Kasat Pol PP, Silva Bahril, Camat X Koto Singkarak, Drs . Syahrial, MM, Walinaghari Koto Sani,  Ediwarni serta niniek mamak dan tokoh masyarakat nagari setempat.
 
           Menurut  ketua pelaksana acara, Yusniati, Festival Rabana dan Kasidah Tingkat Kabupaten Solok ini, diikuti sebanyak 30 grup kasidah yang berasal dari kota dan Kabupaten Solok. Acara ini juga bertujuan untuk dapat menjalin hubungan silaturahmi antar sesama kita, baik warga kota Solok dan Kabupaten. Sementara Walinagari Koto Sani, Ediwarni menyampaikan ucapan  bahwa selamat datang kepada para peserta lomba dan bapak Bupati beserta rombongan yang telah dapat hadir pada hari ini dalam rangka pembukaan acara festifal rebana kasidah tingkat kota dan kabupaten Solok ini. “Festival kasidah ini adalah merupakan suatu seni budaya religius dan juga media yang penting bagi Kaum Muslimin dari berbagai kalangan untuk bersilahturahmi. Kita di koto sani kita akan memilih walinagari serentak dimana kita sudah ada 5 calon,” jelas Ediwarni.
 
 Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan bahwa mengucapakan selamat Idul Fitri bagi warga masyarakat dan minal aid in wal faidzin mohon maaf lahir dan batin, karena kita masih dalam suasana idul fitri. “Saya juga menghimbau kepada semua masyarakat, mari kita bawa kebiasaan di bulan ramadhan ke Bulan-Bulan lainnya, karena banyak kebiasaan dibulan ramadhan berdampak positif dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, saya juga turut mengapresiasi kegiatan kasidah rebana yang dilaksanakan ini, dan Saya yakin melalui kegiatan kasidah rebana ini pengembangan akidah Islam akan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya,” jelas H. Gusmal.
          Disebutkan Bupati, kesenian dan kebudayaan dari Seni kasidah jika dilestarikan dan menjadi bagian dari keseharian, maka akan mampu menjadi sarana yang ampuh guna membentengi diri khususnya generasi muda dari pengaruh negative seperti pergaulan bebas dan narkoba. “Melalui lantunan syair dan lagu-lagu religius yang bersifat edukatif khususnya dalam syiar dan nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya, diharapkan mampu memotivasi para remaja sebagai generasi penerus bangsa untuk menjadikan mereka berprilaku lebih baik,” jelas H. Gusmal. Bupati juga mengajak peserta agar berlomba dengan sebaik-baiknya, tampilkan lah yang terbaik dalam rangka memberikan hiburan kepada masyarakat. “Kita berharap kedepan kita bisa menjadi tuan rumah pada acara kasidah rabana tingkat provinsi Sumatera Barat,” punkas H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here