BBPOM Sumatera Barat Sidak ke Pasar Raya Kota Solok

0
432

SOLOK, JN – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Barat bersama Pemerintah Kota Solok, melakukan sidak terhadap peredaran makanan, minuman serta obat-obatan membahayakan di Kota Solok. Sidak yang dilakukan ini untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. Seluruh makanan dan minuman kemasan diperiksa oleh tim gabungan, serta obat-obatan berbagai jenis yang tidak memiliki izin. Juga sejumlah makanan kemasan dan bahan-bahan kosmetik.

Dari sidak tersebut ditemukan makanan ringan, nugget, minuman kaleng yang telah kadaluarsa, dan kosmetik yang menggunakan registras fiktif atau ilegal. Petugas langsung mengamankan untuk dimusnahkan, sementara pemilik mini market diberi teguran. WakilWalikota Solok Reinier yang juga turun langsung bersama tim gabungan, mengatakan meskipun dalam jumlah sedikit, Wawako mengajak para pemilik mini market dan pedagang untuk lebih teliti dalam berdagang, karena ini menyangkut kesehatan masyarakat.

“Saya yakin tidak ada unsur kesengajaan dari pemilik, ini hanya kurang teliti dalam memilah dan memilih makanan dan minuman yang dijual, para pemilik mini market diminta untuk teliti dan tidak mengulangi kesalahan yang sama, saat ini hanya diberi teguran, namun jika ditemukan lagi akan ditindak secara hukum,”kata Reinier, Rabu (6/6).

Sementara itu Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Sumbar, Antoni Asri, mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan keamanan pangan serta obat – obatan yang dijual di mini market di Kota Solok. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemilik usaha dan masyarakat agar lebih peka dan berhati-hati.(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here