Bayar PBB di Kota Solok Dapat Hadiah

0
189

SOLOK, JN – Wakil Wali Kota Solok Reinier, menghadiri acara penarikan undian berhadiah PBB-P2 Kota Solok Tahun 2019, bertempat di Istiqlal Park, Kamis (19/12).

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Solok Novirna Hendayani, Staf Ahli Walikota Alkaf, Forkopimda, kepala BUMN, BUMD se Kota Solok, serta ratusan warga Kota Solok.

Reinier mengatakan, semenjak pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dialihkan menjadi pajak daerah, pemerintah kota telah diberikan wewenang sepenuhnya untuk mengelola itu. Namun, diakui sampai saat ini realisasi penerimaan PBB-P2 masih belum optimal.

Mengantisipasi hal ini, sangat diperlukan terobosan dan inovasi yang bukan saja mampu memberikan kesadaran wajib pajak, namun juga meningkatkan capaian target penerimaan serta memberikan manfaat bagi pembangunan.

Karena kita menyadari, PBB-P2 masih menjadi salah satu sumber pembiayaan untuk melaksanakan program-program dan kegiatan pembangunan di daerah.

Oleh karena itu, Reinier sangat menyambut baik kegiatan ini. Selain diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya membayar pajak, juga sebagai sarana evaluasi capaian target sekaligus sosialisasi serta inovasi dalam hal membayar pajak.

Reinier juga mengapresiasi capaian target PBB-P2 yang sudah mencapai 81,78 persen. “Apresiasi juga saya berikan kepada dua kelurahan dengan transaksi PBB tertinggi, yakni Kelurahan Pasar Pandan Air Mati dan Kelurahan KTK,” ujarnya.

Selanjutnya, harapan kepada seluruh warga Kota Solok agar menjadi masyarakat yang cerdas dan sadar akan hak dan kewajiban. Dimana membayar pajak bukan lagi suatu hal yang menakutkan dan memberatkan, namun menjadi suatu kebanggaan dan kewajiban sebagai warga negara yang baik dan taat pajak.

Sebelumnya, Kepala BKD Kota Solok Novirna Hendayani melaporkan, tujuan penarikan undian berhadiah PBB-P2 ialah untuk memberikan motivasi wajib pajak agar membayar pajak tepat waktu, dan memahami akan pentingnya pembayaran pajak. Sasaran kegiatan ini ialah seluruh wajib PBB-P2 se Kota Solok yang telah membayar pajak sampai tanggak 19 Desember 2019.

Adapun Realisasi PBB-P2 Kota Solok sampai saat ini telah mencapai 81,78 persen. ” Kelurahan KTK dan PPA menjadi kelurahan tertinggi pembayaran oajak, dengan persentase mencapai 100 persen lebih,” tutup Novirna.(van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here