Aqua Juga Bantu Bibit Pohon Penghijauan: Bupati Gusmal Resmikan Kampung KB dan Bank Sampah di Paninggahan

0
830

SOLOK, JN-Bupati Solok, H. Gusmal Dt rajo Lelo, SE, MM, hari Kamis (17/11), meresmikan kampung KB dan Bank Sampah, di Jorong Gantiang Padang Palak, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Acara peresmian di pusatkan di kantor Camat Junjung Sirih, dengan dihadiri oleh Kepala Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Asisten Koordinator Bidang  Ekbangkesra, Kabupaten Solok, Drs. H.Suharmen, MM, Kadis Sosial, Drs. Raflis, MM, Kadis Pol PP dan Damkar, Drs. Efriadi, MM, Kadis BPBD, Dasril, Kadis KLH Kabupaten Solok, H. Abdul Manan, Kabag Humas, Devi Pribadi, S.Sos, Sekretaris DPPKB-P3A, Syafrizal Bahar, SE, MM, Camat Junjung Sirih, Herman, SH, S.Sos, CSR AQUA Solok, Azra’i, Perwakilan Bank Nagari, Sekcam Junjung Sirih, Sukiman Agus dan Walinagari Paninggahan, Yoserizal, S.Ag beserta niniek mamak dan tokoh masyarakat setempat.

Walinagari Paninggahan, Yoserizal dalam laporannya menyampaikan bahwa pada hari ini kami menyampaikan kepada bapak Bupati bahwa dalam waktu dekat kami ingin melaksanakan launching Kampung Budaya dan Nagari Wisata di Paninggahan ini, yang mana pada saat ini pihak nagari masih melengkapi segala sesuatu kelengkapan-kelengkapannya termasuk kelengkapan pakaian budaya serta kesenian yang ada di Nagari Paninggahan ini. “Selain itu, pada  hari ini kami akan melaksanakan penanaman pohon untuk penghijauan yang mana bibit ini bersumber dari bantuan PT Aqua Solok sebanyak 300 batang,” jelas Yoserizal. Sementara lokasi penghijauan dan kebersihan pinggir Danau Singkarak ini direncanakan di tiga nagari yang ada di pinggir Danau Singkarak bagian barat, di antaranya Nagari Paninggahan, Nagari Saniangbaka dan Nagari Guguak Malalo di Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Solok telah memerintahkan kepada seluruh kepala OPD untuk melakukan semua upaya untuk meningkatkan layanannya kepada masyarakat, karena itu adalah salah satu bentuk usaha pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya. “Sehubungan dengan terbentuknya Kampung KB di Jorong Gantiang Padang Palak ini, diharapkan akan banyak bermunculan kampung-kampung KB yang lain di Kabupaten Solok, untuk memberikan kemudahan akses informasi dan pelayanan program KKBPK,” jelas Gusmal.

Dijelaskan Bupati, kampung KB bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan total program KB dan program lainnya sebagai upaya mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas. “Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan kegiatan program BKKBP secara utuh dan terintegrasi yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat di tingkat Nagari dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas,” terang Gusmal. Terkait bantuan bibit pohon untuk penghijauan dari Aqua Donen Grub, Bupati berharap agar pohon tersebut dijaga agar hutan produktif di sekitar Junjung Sirih atau di seputaran Danau singkarak bisa terjaga. “Dalam rangka menjaga dan melindungi habitat yang ada di Danau Singkarak, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengawasi dan menjaga kebersihan danau, dengan itu akan dapat meningkatkan kunjungan wisata di seputaran Danau Singkarak ini,” jelas Gusmal. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Aqua Danone Grup yang sudah membantu bibit pohon untuk penghinjauan di Kecamatan Junjung Sirih itu.

Sementara maksud melakukan penghijauan kawasan Danau Singkarak dengan pohon produktif ini bertujuan agar dapat menahan pinggir Danau Singkarak dari abrasi pantai serta dapat membantu proses pemindahan ikan bilih disaat ikan bertelur. Tujuan kegiatan penghijauan pinggir Danau Singkarak adalah itu diantaranya bisa melestarikan sumber daya alam terutama Pinggir Danau Singkarak agar tidak terjadi abrasi pantai Danau Singkarak, meningkatkan populasi endemik Danau Singkarak terutama ikan bilih dan untuk meningkatkan kunjungan wisata terutama wisata alam Danau Singkarak khususnya Danau Singkarak bagian Barat (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here