Anugerah Pakerti dan Noor Falizia Dinobatkan Sebagai Duta Genre Putra Putri Kabupaten Solok 2018

0
1804

SOLOK, JN- Anugerah Pakerti dari SMA 1 Kubung dan Noor Faliza dari SMA 2 Sumatera Barat, dinobatkan sebagai Duta Genre Kabupaten Solok 2018, pada puncak Grand Final yang dialksanakn di Ruang Pelangi, kantor Bupati Solok, Sabtu (10/3).

 

Acara  yang sekaligus juga penobatan Ayah Bunda Genre Kabupaten Solok dengan mengambil tema,

“Dengan Kebersamaan Kita Siapkan Generasi Berencana (GENRE)  Untuk Mewujudkan 4 Pilar Pembangunan Kabupaten Solok”, dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Hj. Desna Devi Gusmal,  S.E,  Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid KB, Gusrizal, S.E, Kepala Dinas PPKBDUKCAPIL diwakili Kasi, Arif,  Forkopimda Kabupaten Solok

Kepala Cabang Bank Nagari Solok, Banteng Dono Sariro, Kepala BNK Kabupaten Solok, Azizurahman, para Kepala Sekolah/Majlis Guru dan Pembina PIK se-Kabupaten Solok.

 

Menurut ketua pelaksana, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program genre di kalangan remaja, agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan dirinya serta mengembangkan PIK Remaja melalui pendekatan ramah remaja. Selain itu acara tersebut juga bertujuan untuk  menyiapkan remaja dengan berperilaku sehat, berakhlak baik terhindar dari pernikahan dini, HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba, LGBT dan siap menyonsong era bonus demografi. Peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 80 pasang siswa siswi dari utusan berbagai SMA sederajat di Kabupaten Solok, namun pada yang masuk babak final hanya tersisa  21 pasang. Dia juga menyebutkan bahwa Audisi dimulai sejak Sabtu / 24 Februari 2018, Karantina Kamis-Sabtu / 8 – 10 Maret 2018 di Sekretariat Forum Genre Kabupaten Solok, Grand Final 10 Maret 2018 di Ruang Pelangi Kantor Bupati Solok.

 

 

Kepala BKKBN Propinsi Sumatera Barat diwakili Kabid KB, Gusrizal, S.E dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan semangat dan tekad yang baik bersama-sama kita tingkatkan pembinaan kepada generasi muda. “Generasi zaman sekarang menentukan bagaimana pembangunan daerah kita kedepannya. Untuk itu, saya berpesan tidak ada remaja yang menikah di bdan awah umur,  tidak melakukan seks bebas dan menyimpang,  tidak terlibat LGBT, narkoba dan perbuatan yang terlarang lainnya,” jelas Gusrizal.

 

Sedangkan Bupati Solok H. Gusmal,  S.E., M.M, dalam arahannya menyampaikan bahwa  Genre merupakan program yang dikembangkan dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam bekerja, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. “Saya berpesan untuk seluruh remaja Kabupaten Solok agar mampu menjaga dan membentingi diri dari hal-hal yang berakibat negatif,” terang H. Gusmal. Dia juga menyebutkan bahwa Genre diharapkan memiliki inteligen yang tinggi dan baik,  serta memiliki respon yang cepat dan tanggap terhadap perkembangan zaman.

Bupati juga menjelaskan bahwa menuntut ilmu suatu kewajiban bagi anak dan remaja sekarang,  agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan teknologi. “Dengan teroilih menjadi duta genre, berarti  kita harus mampu menjadi pribadi yang berkompetensi dan kompeten,  serta mampu bersaing dengan dunia luar,” sambung Gusmal.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan bahwa pembinaan remaja ibarat dua sisi mata pisau, apabila kita berhasil membina dan mengarahkan mereka (remaja) maka kita bias berharap impian kita akan generasi penerus yang tangguh, mandiri dan berakhlak mulia akan terwujud dan sikap menyonsong era Bonus Demografi, dan sebaliknya apabila kita keliru atau salah dalam mendidik mereka, maka para remaja ini kelak akan menjadi sumber malapetaka dan masalah bagi sebuah keluarga dan msyarakat. “Jadikan kegiatan ini sebagai landasan untuk kebersamaan dan kerja keras yang akan dilakukan nantinay demi terwujudnya generasi penerus yang handal,” tutur Gusmal (wandy)

 

Ket : Berikut nama-nama pemenang lomba dengan kategori Genre 2018:

Kategori Duta Putra Putri
1.    DUTA GENRE ANUGERAH PAKERTI

(SMA N 1 KUBUNG)

NOOR FALIZIA

(SMA N 2 SUMBAR)

2.    DUTA GENRE RU 1 FAJAR LADIVISTA HERSA

(SMA N 1 GUNTAL)

FEBRI PERTIWI

(SMA N 1 GUNTAL)

3.    DUTA GENRE RU 2 KHAIRUL MUFADDAL

(PIK NAGARI SIRUKAM)

HAFIZAH PUTRI H

(SMA N 1 GUNTAL)

4.     DUTA TALENTA FITRA AGUSTI HIDAYAT

(SMA N 2 GUNTAL)

MELSY KURNIA

(SMA N 1 KUBUNG)

5.    DUTA BEST SPEAKER KHAIRUL MUFADDAL

(PIK NAGARI SIRUKAM)

ANNISA HERMYNICA

(PIK R NAGARI KOTO BARU)

6.    DUTA CREATOR ADIT

(SMA N 1 GUNTAL)

VIONA DARA AMEERA

(SMA N 2 SUMBAR)

7.    DUTA INSPIRATOR M. FATTHAN ATHARIQ

(SMA N 1 GUNTAL)

HIDAYAH AZIZAH

(STIE EL-HAKIM SULIT AIR)

8.    DUTA ANTI HIV/AIDS HUSNUL FIKRI

(SMA N 2 SUMBAR)

INTAN PUTRI RAMADHANI

(SMK N 1 GUNTAL)

9.    DUTA ANTI NARKOBA M. HABIBURAHMAN

(SMA. N 1 GUNTAL)

WINDY NURUL SAKINAH

(SMK N 1 BUKIT SUNDI)

10.             DUTA FRIENDSHIP YUDIA HAQQA KHAIRI

(SMA N 1 GUNTAL)

FITRIZA RIZKI RAHMADANI

(SMA N 1 KUBUNG)

11.             DUTA FAVORIT NURHIDAYAH MUCHTI

(SMA N 1 PANTAI CERMIN)

NOOR FAUZIA

(SMA N 2 SUMBAR)

12. DUTA INTELEGENSY FERI IRAWAN GEA

(MAN 1 SOLOK)

NADYA NOVELISSA

(UMMY SOLOK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here