SOLOK, JN- Anggota DPRD Kota Solok dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Rusdi Saleh, hari Minggu (22/8), membagikan bantuan sembako dan uang tunai ke korban kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam dini hari di Rt 01/Rw 05, kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kota Solok, sekitar pukul 01.30 WIB.

Pada kesempatan itu, anggota DPRD yang dikenal murah senyum dan dekat dengan semua kalangan itu, menyampaikan rasa duka dan prihatin yang mendalam atas ujian yang diberikan Allah kepada para korban.

“Semoga seluruh korban kebakaran tetap tabah dengan musibah ini. Dan kita mengerti bahwa yang terbakar mayoritas tempat usaha atau atau mata pencaharian saudara kita, ” tutur Rusdi Saleh.

Disisi lain, dirinya menyebut saat ini masyarakat harus menghadapi pandemi covid 19 yang membuat perekonomian kian anjlok.

“Kehadiran saya disini selain menyampaikan ikut sedih, saya juga membawa sedikit bantuan sembako dan juga ada sedikit uang serta pakaian sekolah anak. Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban Bapak-Bapak dan ibuk-ibuk korban musibah,” cetus Rusdi Saleh.

Pihaknya juga menghimbau dan mengetuk hati para dermawan untuk ikut membantu korban kebakaran

Rusdi juga berharap agar para korban kebakaran bisa membangun tempat usaha atau tempat tinggalnya kembali dan dimudahkan reski oleh Allah.

Sebelumnya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok, juga sudah mendatangi lokasi kebakaran dan juga ikut memberi bantuan.

Ketua Baznas kota Solok, Zaini, yang langsung turun ke lokasi untuk memberikan bantuan jangka pendek kepada 72 jiwa sekitar 18 KK yang tertimpa musibah kebakaran.

Pada kesempatan itu Zaini mengatakan pihaknya sudah menyerahkan bantuan jangka pendek berupa nasi bungkus selama 2 hari untuk warga yang terdampak.

Sementara bantuan untuk jangka panjang Baznas akan mendata untuk bantuan modal usaha agar yang kena musibah kebakaran bisa berusaha kembali.

Zaini juga berpesan, semoga warga yang tertimpa musibah agar sabar dalam menghadapi ujian ini.

Dan pada saat kebakaran, Walikota Zul Elfian Umar bersama Kadinsos Kota Solok turun ke lokasi kejadian.

Api baru dapat dikendalikan sekitar pukul 04.02 Wib. dengan 4 mobil unit pemadam kebakaran kota Solok, dibantu 2 unit mobil pemadam kebakaran dari kabupaten Solok, dan 1 unit mobil pemadam kebakaran dari kota Padang Panjang. Diprediksi api bersumber dari bengkel kursi (bujang perabot).
Musibah itu melalap 7 toko dan sebanyak15 unit rumah yang terimbas dari dampak kebakaran tersebut.

Pemko Solok juga menyampaikan terima kasih pada 2 regu Damkar Kabupaten Solok dan Kota Padang Panjang yang dengan cepat datang memberikan bantuan, sehingga kebakaran tidak terus meluas.

Adapun yang ikut terbakar diantaranya toko baju, toko parfum libra aroma, palanta pordeo, este corne cafe, ilham furnitur, rumah tinggal 3 unit, rumah petak 1 unit, dan toko sumatera kaca yang dindingnya dilalap sijago merah (wandy)

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version