Alumnus SMP 1 Kubung Akan Gelar Helat Halal Bi Halal

0
328

SOLOK, JN- Alumnus SMP 1 Kubung yang dulu dikenal SMP Negeri Salayo akan menyelenggarakan helat Halal Bi Halal pada Sabtu (15/6) di almamater setempat.

Kegiatan bernuansa religius ini bertemahan “Membuhul Silaturrahmi dengan Kebersamaan” bakal dihadiri setidaknya berdasarkan data yang masuk pada aj6n group Faceboook milik alumni sekitar 200 alumnus dari lintas angkatan. Jumlah daftar nama-nama yang masuk melebihi dari target yang direncanakan. Hal itu dikatakan Ketua Alumni SMP Salayo, H. Muslim Harun melalui Ketua Panitia Pelaksana Halan Bi Halal 2019, Menda Pamuntjak Alam di Salayo, Kamis, (13/6)

“Silaturrahim yang dikemas dalam acara halal bi halal juga perintah Rasulullah sebagai implementasi keimanan jika hidupnya ingin bahagia, mudah rezeki, dan umur panjang, ” sebut Menda Pamuntjak

Halal bi halal sudah menjadi tradisi yang bernuansa religius-sosial. Kebiasaan itu mengekspresikan kebahagiaan setelah menjalani hari-hari yang penuh berkah Ramadhan. Umat Islam diliputi rasa syukur, keinginan untuk saling maaf-memaafkan, dan sama-sama berintrospeksi diri.

Al-Qur’an Al Karim menjelaskan bahwa orang yang memaafkan kepada yang lain adalah ciri orang yang bertakwa, dan ini selaras dengan tujuan puasa, yaitu menggapai takwa.

Halal bi halal, lanjutnya, juga bagian dari implementasi keimanan dan wujud melakukan syari’at Islam yang dikemas dengan budaya dan tradisi, juga sarana membangun keakraban dan kesatuan. Bahwa semua kesalahan dan khilaf dianggap telas (tiada). Mudah-mudahan dosa-dosa kita telas dan kembali pada fitrahnya (JN/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda