Alek Anak Nagari, Basikakeh Roda Basi Kembali Digelar di Sawah Solok,

0
998
SOLOK, JN– Alek anak nagari, Basikakeh Roda Basi kembali dihelat di Kawasan Sawah Solok, Kamis (10/5). Kegiatan tersebut merupakan lomba pacu mesin bajak serta berbagai permainan anak nagari seperti lomba pacu upiah, pacu belut dan batuang gilo.
Hadir pada kesempatan itu Walikota Solok Zul Elfian, Ketua DPRD Yutris Can, Forkompinda, Ketua TP PKK, Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, dan tamu undangan lainya.
Walikota Solok mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelestarian adat daerah, dimana sebagai tanda musim panen dan dimulainya orang menanam. “Kita dapat melihat bersama bahwa saat ini bertepatan dengan awal musim menanam padi,”kata Walikota
Selain itu juga untuk memperkenalkan kawasan agrowisata dan keindahan hamparan sawah Solok, dengan harapan peningkatan kunjungan ke Kota Solok,” Untuk melestarikan tradisi, budaya dan seni permainan lokal, sekaligus meningkatkan sektor wisata dalam upaya persiapan Visit Kota Solok 2020,”kata Zul Elfian.
Adapun lomba yang diadakan adalah lomba mesin bajak yakni singka dan kura-kura, pacu upiah, pacu belut, penampilan silek tuo dalam sawah, batuang gilo dan pameran pelaku ekonomi kreatif.
Untuk peserta lomba berasal dari perwakilan kelompok tani dari perwakilan kota dan kabupaten Solok, lomba pacu upiah untuk anak – anak usia maksimal 13 tahun utusan kelurahan sekota Solok, kemudian pacu belut yang diikuti peserta dari kaum perempuan berusia 30-59 tahun dari seluruh kelurahan di Kota Solok. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here