Air Danau Singkarak Masih Berwarna Hitam

0
708

SOLOK, JN

      Sudah hampir dua Minggu terakhir, warna air danau Sinngkarak di Kabupaten Solok masih tampak berwarna hitam dan kemerah-merahan.
      “Ya sudah hampir dua Minggu terakhir warna air danau berubah. Kami tidak tau penyebabnya, bahkan ikan bilih banyak yang mati,” jelas Syahrial (41), warga pinggir Dermaga Singkarak, Senin (19/12). Dijelaskan Syahrial, kejadian air warna Singkarak berubah sejak adanya peristiwa gempa Aceh dan adanya warga pinggir danau yang hilang misterius dua Minggu lalu dan hingga kini belum ditemukan. “Kita tidak ingin dua mitos tersebut  dihubungkan-hubungkan dengan dua peristiwa tersebut, namun ini mungkin sudah kehendak Tuhan,” tambah Syahrial. Dia menambahkan, akibab air warna danau yang berubah dan cuaca sering hujan dan angin kencang, maka lebih dari separoh nelayan tidak turun ke danau.
Camat X Koto Singkarak, Irwan Effendi juga nenghimbau kepada seluruh nelayan agar berhati-hati bila turun ke danau, karena memang cuaca dalam 10 hari terakhir ekstrim. ” Emang serba sulit, disatu sisi kalau tidak turun ke danau ekonomi tidak jalan. Tapi kalau turun mencari ikan juga dikwatirkan akan mengganggu keselamatan mereka,” jelas Irwan Effendi.
       Terpisah, Bupati Solok H. Gusmal juga menghimbau agar nelayan yang tinggal disepanjang danau Singkarak, untuk tetap mewaspadai cuaca ekstrim. “Kalau masih turun juga ke Danau, sebaiknya membawa teman agar bisa saling menjaga dan menolong,” himbau H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here