Peringati Sumpah Pemuda Tahun 2017: Nagari Terisolir Rangkiang Luluih Gelar Lomba Fhoto

0
861

SOLOK, JN- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-89 Tahun 2017, pemuda Ngari Rangkiang Luluih, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, menggelar acara Lomba Fhoto dan Camping Ceria Nagari Tak Beraspal dan Bersinyal, Kapujan Rangkian Luluih.
Acara yang diselenggarakan tiga hari, mulai Jum’at tanggal 27 November hingga Minggu tanggal 29 November 2017, dibuka Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, bertempat di Jorong Kapujan, dengan dihadiri oleh Ketua GOW kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Sekretaris Dinas Sosial, Eka putra, Wali Nagari Rangking Luluih, Abu Tasar, Tokoh masyarakat beserta pemuda nagari Rangking Luluih dan para peserta lomba yang datang dari berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Brunai dan Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Julmairi, dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ini berkat kerjasama komunitas pengembang wisata Kabupaten Solok (KOMPETA) dengan pemuda dan masyarakat Nagari Rangking Luluih serta bekerjasama dengan Gajah Maharam Photography /Gmp Solok , Komunitas Pengembang Wisata (Kompeta), Pokdarwis Rangkiang Luluih, Ikatan Pemuda Kapujan dan lainnya. “Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan kegiatan lomba foto, camping di teruskan upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-89 pada tanggal 28 dan juga acara kegiatan lainnya,” jelas Julmairi. Ementara tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kearifan lokal dan potensi wisata di nagari Rangkiang Luluih yang dikenal dengan wisata alam dan Nagari seribu Kupu-Kupu, namun akses jalan menuju lokasi sangat buruk sekali. “Jadi kami berharap, nfas dari acara ini adalah Pemkab Solok mau membangun jalan ke sini dan kami ingin meminta bantuan rehab jalan kepada Bapak Wakil Bupati, agar merperlancar akses menuju objek wisata yang ada di jorong Kapujan ini,” terang Julmairi.

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH dalam arahannya menyampaikan rasa bangganya kepada pemuda dan masyarakat Kapujan dimana dengan kreatifitas KOMPETA beserta generasi muda di Nagar Rangkaiang Luluih bisa menggelar acara ini, sehingga nagari ini makin dikenal dunia luar. “Mari kita kembangkan potensi wisata dan lestarikan kesenian tradisional di daerah kita ini dan hasil lomba fhoto ini bisa lebih mengenalkan Kapujan kepada masyarakat luas dan bisa mengundang wisatawan untuk datang,” jelas Yulfadri Nurdin. Disebutkan Wabub, Kabupaten Solok memiliki potensi wisata alam dan budaya yang baik, khusus di bidang pariwisata.
Sementara untuk akses jalan, Wabub akan mengusahakan agar jalan kita ini di aspal, sehingga para wisatawan yang akan berkunjung dapat dengan mudah menuju kelokosi wisata kita ini. “Kita akan berupaya membangun daerah tertinggal agar Kabupaten Solok makin maju kedepannya,” pungkas Yulfadri Nurdin (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here