Peradi Perpanjang Pendaftaran Sumpah Advokat Hingga 5 Agustus 2019

0
985

SOLOK, JN- Selain Sumpah Advokat, Peradi Padang juga membuka Pendaftaran PKPA yang akan digelar di Gedung Fakultas Hukum Universitas Taman Siswa dan Gedung Fakultas Hukum UMSB Bukittinggi

Padang – Tanggal 25 Agustus 2019 menjadi batas akhir pendaftaran sumpah advokat Peradi Padang untuk Gelombang I tahun ini. Namun demikian, banyaknya lulusan PKPA dan UPA yang tersebar dibeberapa daerah yang masih dalam melengkapi persyaratan sumpah dan banyaknya peminat, DPC Peradi Padang memperpanjang masa pendaftaran hingga 5 Agustus 2019 mendatang.

Ada beberapa pertimbangan kami di DPC untuk memperpanjang masa pendaftaran sumpah advokat, diantaranya adalah jarak antar daerah didalam lingkungan Provinsi Sumatera Barat dan banyaknya pendaftar dari daerah itu, jadi untuk mengakomodir mereka yang jauh dari Kota Padang tentu masa pendaftaran perlu kita perpanjang. Kami tidak mau, karena alasan jarak yang jauh itu lalu para calon advokat yang sudah bisa disumpah menjadi tertunda penyumpahannya. Kita perpanjang pendaftaran sampai 5 Agustus 2019,” Kata Ketua DPC Hangky Mustav Sabarta, SH, MH di DPC Peradi Padang, siang tadi.

Kata dia, calon advokat yang sudah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), lulus ujian profesi advokat dan magang di kantor pengacara selama dua tahun bisa mendaftar ke Peradi Padang untuk diambil sumpahnya oleh Pengadilan Tinggi.

Dari data yang berhasil dikumpulkan JarbatNews.com, sebagaimana diberitakan sebelumnya, calon advokat yang hendak disumpah perlu melengkapi berkas persyaratan antara lain berusia sekurang-kurangnya 25 Tahun dengan dibuktikan melalui photo copy KTP, mengisi formulir pendaftaran yang bisa diambil di DPC Peradi Padang, pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak 9 lembar, photo copy ijazah perguruan tinggi hukum, photo copy Sertifikat PKPA dan sertifikat UPA, SKCK dengan Keterangan Pelantikan atau Sumpah Advokat, Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana dari Pengadilan Negeri, Pernyataan Magang dari Kantor Hukum serta photo copy KTPA Advokat Pendamping, surat pernyataan tidak berstatus sebagai PNS, Pejabat Polri atau pejabat BUMN/BUMD. Jika advokat pendamping berbeda dengan pimpinan kantor hukum tempat magang maka calon advokat perlu melampirkan photo copy KTPA Pimpinan Kantor Hukum tersebut selain photo copy KTPA Advokat pendamping.

Selain itu, calon advokat juga harus menyetorkan biaya pendaftaran sebanyak Rp2 Juta ke Rekening BRI KC Rasuna Said dengan No. Rekening 0378-01-001253-308 atasnama DPN Peradi dengan mencantumkan Berita Keterangan Pelantikan Advokat Peradi Padang Tahun 2019 dan menyerahkan bukti setoran sebanyak 3 rangkap, 1 asli dan 2 photo copy.

Selain menyetorkan uang pendaftaran Rp2 Juta ke DPN Peradi calon advokat juga perlu menyetorkan biaya registrasi ke DPC Peradi Padang sebesar Rp1 Juta, semua berkas dibuat rangkap 3 dan dimasukkan dalam map plastik warna merah serta diberi nama.

Semua dokumen atau berkas pendaftaran dibuat rangkap 3, 1 asli dan 2 photo copy, kami terima sampai 5 Agustus 2019 karena berkas itu akan kami kirimkan ke DPN Peradi untuk di verifikasi,” ujar Hangky kepada JarbatNews.com dan Koran Padang.

Pendaftaran PKPA Peradi Padang juga dibuka. Pembukaan pendaftaran itu bersamaan dengan pendaftaran sumpah advokat, biayanya Rp. 5.500.000,- diserahkan langsung ke DPC Peradi Padang dengan melampirkan dokumen pendukung berupa photo copy KTP, photo copy Ijazah berlegalisir sebanyak 2 lembar, pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar, mengisi surat pernyataan yang disediakan panita pelaksana yang dibubuhi Materai Rp6 Ribu.

Menurut Melisa Rusna, Kepala Sekretariat DPC Peradi Padang, calon peserta PKPA tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan karena bisa di angsur sebanyak 2 kali yaitu 50% saat pendaftaran dan 50% paling lambat 2 (dua) hari sebelum pendidikan berakhir. Sementara, untuk pelaksanaan PKPA kata Melisa akan diselenggarakan di Gedung Fakultas Hukum Universitas Taman Siswa Padang dan Gedung Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat di Bukittinggi (jn01/risko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here